Menikmati Landscape Istimewa dari Ketinggian Gardu Pandang

192
Wisatawan menikmati bentang alam di Gardu Pandang Dusun Katerban, Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Purworejo. (heru cn/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Goa Seplawan di gugusan pegunungan Menoreh yang berada di perbatasan Kabupaten Purworejo Jawa Tengah dan Kabupaten Kulonprogo DIY, memang sudah terkenal sejak lama. Goa yang berada di Desa Donorejo Kecamatan Kaligesing Purworejo ini sejak lama memang sudah didatangi wisatawan.

Salah satu daya tarik Goa Seplawan adalah ditemukannya arca emas di salah satu sudut goa pada 15 Agustus 1976. Arca emas 22 karat setinggi 9 cm dengan berat 2,5 kilogram itu berupa sosok sepasang pria dan wanita yang sedang bergandengan tangan.

Namun, tahukah Anda bahwa ada destinasi lain yang tak kalah menarik, tak jauh dari Goa Seplawan? Destinasi wisata tersebut tak lain adalah Gardu Pandang. Lokasi Gardu Pandang ini terletak di Dusun Katerban, Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Purworejo.

Gardu Pandang ini baru di bangun pada tahun 2016. Bentuk fisik utamanya adalah pelataran kecil di sebuah puncak bukit. Demi keamanan pengunjung, pelataran kecil itu dibatasi dengan pagar besi mengingat lokasi itu menghadap langsung dengan jurang yang sangat dalam. Selain pelataran, juga ada bangunan dua lantai yang berfungsi sebagai Gardu Pandang.

Baca Juga :  Ibu-ibu Peroleh Layanan KB Gratis

Berada di area Gardu Pandang ini, yang pertama dirasakan adalah kesejukan udara di ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut ini. Namun, bukan saja kesejukan udara yang mampu menyegarkan tubuh setelah lelah di perjalanan, mata pengunjung juga akan disegarkan oleh pemandangan bentang alam (landscape) yang sangat istimewa.

Dari pelataran atau dari lantai dua Gardu Pandang, mata kita akan disuguhi waduk Sermo di arah selatan, serta bentang laut Selatan. Bahkan, jika mau sedikit berusah payah mendaki bukit kecil di dekat Gardu Pandang, kita bisa melihat Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Slamet. Tentu saja jika cuaca sedang cerah atau tidak ada awan atau kabut yang menghalangi pandangan.

Gardu Pandang Dusun Katerban, Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Purworejo. (heru cn/koranbernas.id)

Pemandangan bentang alam yang menakjubkan serta sejuknya udara membuat kita betah berlama-lama di Gardu Pandang. Berada di ketinggian dengan pemandangan terbuka berupa bentang alam yang menakjubkan, seperti tak ingin segera meninggalkan lokasi itu.

Baca Juga :  Bupati Purbalingga Safari Natal ke 11 Gereja

Selain Gardu Pandang, Pemkab Purworejo serta Pemda DIY juga menyediakan fasilitas pendukung berupa bagunan joglo, kamar kecil, sejumlah warung yang diusahakan warga sekitar, serta area parkir. “Kalau musim liburan, areal parkir sering tidak cukup untuk menampung kendaraan pengunjung. Terpaksa kami arahkan ke pekarangan milik warga,” kata Ngudiyo, penjaga parkir setempat.

Jangan khawatir kekurangan destinasi wisata jika berkunjung ke Gardu Pandang. Sebab, sepanjang jalur menuju Gardu Pandang, ada sejumlah destinasi wisata yang bisa menjadi ampiran.

“Ada hutan pinus Kalilo. Ada juga hutan pinus Siegendol. Tentu saja ada Goa Seplawan. Jika ingin wisata minat khusus, ada juga paket pembuatan kopi serta paket pemanfaatan pertenakan kambing Etawa,” kata Lilos Anggoriwati, Kabid Pengembangan Kapasitas dan Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo saat ditemui di lokasi Gardu Pandang. (iry)