Sabtu, 15 Mei 2021,


olahraga-kok-berantem-itu-bukan-olahragaPengukuhan kepengurusan Siwo PWI DIY masa bakti 2020-2025. (rosihan anwar/koranbernas.id)


Rosihan Anwar
Olahraga Kok Berantem, Itu Bukan Olahraga...
Jurnalis Jogja Bidik Emas Sebanyak Mungkin pada Ajang Porwanas
SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Kepengurusan Seksi Wartawan Olahraga atau Siwo Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIY resmi dikukuhkan, Rabu (10/3/2021), oleh Ketua Siwo PWI pusat, Gungde Ariwangsa.


Kepengurusan Siwo PWI DIY yang dipimpin Widyo Suprayogi ini pun langsung dibebani target prestasi pada ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2021.


“Ini saya dengar dari Mas Janu (Ketua Siwo PWI DIY yang lama), kalau seandainya kontingen DIY tidak diuriki  (dicurangi), diakali oleh tuan rumah Jabar, mungkin saat itu kita bisa juara umum (Porwanas 2016),” ujar Djoko Pekik Irianto, Ketua Umum KONI DIY.

Djoko Pekik berharap capaian medali Porwanas XIII yang rencananya berlangsung September mendatang lebih baik jika dibandingkan multievent yang sama di Bandung Jawa Barat 2016.


“Sebab itu, kalau pada masa kepengurusan Mas Janu, DIY bisa meraih satu keping medali emas, untuk Pak Widyo saya targetkan minimal 1,5 medali emas,” gurau Djoko Pekik yang disambut gelak tawa para pengurus Siwo PWI DIY yang baru.


Meskipun membidik prestasi, mantan Deputi IV Kemenpora itu berpesan agar capaian prestasi Porwanas tahun ini diraih dengan tetap menjunjung tinggi sportivitas dan azas fairplay. Pewarta olahraga diminta oleh Ketua Umum KONI DIY untuk menggaungkan semangat olimpiade.


“Kami minta teman-teman tetap kritis, dan bagaimana mengedukasi insan olahraga agar mengedepankan spirit of olympism. Apa itu? Fair. Satu adalah friendship. Olahraga adalah persahabatan, persaudaraan. Olahraga kok berantem, berkelahi, itu bukan olahraga,” tandasnya usai pengukuhan di Kantor PWI DIY.

Ketua Siwo PWI DIY yang baru, Widyo Suprayogi menuturkan sejumlah cabang olahraga (cabor) telah memulai berlatih sejak tahun lalu. Meski di tengah pandemi, semangat para pewarta di Yogyakarta untuk persiapan menuju Porwanas tetap tinggi.

“Yang sudah berlatih di antaranya pingpong karena mejanya ada di sini. Kemudian, sepak bola juga sudah berlatih sejak April tahun lalu, selanjutnya futsal akan segera kembali berlatih, dan nanti diharapkan diikuti cabang olahraga lainnya,” kata Widyo.

Ketua Siwo PWI pusat Gungde Ariwangsa mengharapkan kepengurusan Siwo PWI DIY yang baru tidak hanya meraih prestasi pada ajang Porwanas namun mampu mengangkat dunia olahraga Yogyakarta agar lebih dikenal masyarakat secara luas.

Gungde Ariwangsa pun menyontohkan maraknya sport tourism yang menjadi tren baru beberapa tahun terakhir.

“Kita perlu mengantisipasi tren ke depan. kita harus menggelorakan sport science, sport industry dan sport tourism. Daerah lain mungkin masih berpikir-pikir tentang tourism (pariwisata), tapi di DIY ini banyak sekali obyek wisatanya,” ungkapnya.

Widyo Suprayogi, jurnalis senior dari Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat terpilih menjadi Ketua Siwo PWI DIY untuk masa bakti 2020-2025.

Widyo akan didampingi Heri Susanto sebagai Wakil Ketua Siwo dan FX Harminanto selaku Sekretaris serta Swasto Dayanto yang dipercaya sebagai bendahara. (*)


TAGS: SIWO  PWI  DIY  KONI  Porwanas 

SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini