owabong-punya-wahana-baru-siap-menyambut-pemudikPengunjung saat menjajal wahana baru Goles di Owabong Water Park, obyek wisata andalan Kabupaten Purbalingga. (prasetiyo/koranbernas.id)


Prasetiyo
Owabong Punya Wahana Baru, Siap Menyambut Pemudik

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURBALINGGA – Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong Water Park) yang merupakan obyek wisata andalan Kabupaten Purbalingga, kini menambah wahana baru "Goles" atau Gombang Leleson. Wahana baru satu-satunya di Jateng itu diresmikan Bupati Dyah Hayuning Pratiwi, Minggu (1/5/2022), untuk menyambut para wisatawan maupun pemudik yang akan berwisata ke Owabong.


Plt Direktur Perumda Owabong, Drs Eko Susilo, mengungkapkan wahana baru ini berupa jumping slide dan track slide. Jumping slide terdiri dari 2 tower luncur. Tower pertama setinggi 12 meter dan yang kedua 6 meter dengan panjang lintasan kurang lebih 18 meter. Sedangkan track slide memiliki panjang lintasan 22 meter.


“Keunikannya yang jumping slide, setelah orang meluncur sensasinya itu pas jatuhnya seperti orang melompat. Kalo yang track slide itu bisa digunakan untuk anak-anak,” katanya.

Sedangkan kolam jumping slide ini berukuran 1 x 14 meter dan kedalaman 2 meter. Dengan demikian jumping slide ini hanya diperuntukan khusus mereka yang sudah bisa berenang.


“Wahana baru seperti ini satu-satunya di Jawa-Tengah,” katanya.

Ia menjelaskan, nama Gombang Leleson ini memiliki arti Gombang yang mengambil dari nama mata air setempat yang bernama Naga Gombang yang tidak pernah kering dan selalu mengalir. Sedangkan Leleson adalah nama wahana yang sudah ada di Owabong Waterpark sebelumnya yang meliputi kolam air hangat, kolam terapi ikan, dan sebagainya.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, saat meresmikan mengungkapkan sudah 2 tahun Perumda Owabong tidak menyetorkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) akibat pandemi Covid-19. Oleh karenanya bupati berharap tahun ini menjadi tahun kebangkitan pariwisata dan kebangkitan Owabong.

“Tetap optimis, tetap semangat karena apa pun perlu ada langkah kreatif, perlu langkah inovasi, dan hari ini langkah tersebut untuk meningkatkan pendapatan Perumda Owabong telah dilakukan. Ini suatu hal yang bagus. Mudah-mudahan ini jadi daya tarik wisatawan, termasuk para pemudik,” ungkap bupati.

Bupati berpesan, Owabong sebagai obyek wisata buatan diharapkan tetap memperhatikan sisi keamanan pengunjung dengan menerapkan standard operational procedure (SOP). "Tolong, SOP ini diperhatikan betul. Jangan sampai ada kejadian yang tidak kita inginkan," pesan bupati yang akrab disapa Bu Tiwi ini. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini