Kamis, 25 Feb 2021,


pageblug-saksi-sejarah-pandemi-covid19Drs Sutanto menerima buku antologi Mocopat "Pageblug" dari BBY,Selasa (19\1\2021). (istimewa)


Sariyati Wijaya
Pageblug Saksi Sejarah Pandemi Covid-19

SHARE

KORANBERNAS.ID,BANTUL--Buku antologi mocopat "Pageblug"  terbitan Balai Budaya Yogyakarta (BBY) adalah saksi adanya pandemi Covid-19 yang saat ini melanda l dunia termasuk Infonesia.

Buku  yang ditulis oleh peserta lomba macapat  guru dari 51 SMP/MTs se DIY ini bisa juga  menjadi referensi masyarakat. Buku dierahkan oleh Kasubag Urusan Rumahtangga  BBY, Dini Citra Hayati,  Selasa (19/1/2021) kepada Sutanto guru MtsN 6 Kulonprogo yang juga warga Celep,Kalurahan Srigading,Kapanewon Sanden Bantul.


"Keindahan buku ini terasa bila tak sekedar dibaca,  namun dilantunkan dengan tembang sesuai aturan berbagai jenis tembang macapat yang ada," imbuh Dini.

Sementara Sutanto sendiri  merasa bangga menjadi salah satu penulis dari buku yang tidak diperjualbelikan ini. 


"Awalnya saya  ikut lomba menulis macapat agar tulisan saya  bisa diterbitkan menjadi buku saja.  Alhamdulillah bisa masuk 10 besar, dan setelah di tes wawancara bisa tampil sebagai juara 1," terangnm guru seni budaya ini.

Dalam buku tersebut,  Sutanto menulis 5 bait tembang pocung dan 5 bait tembang gambuh. Usai menerima 2 buku dari BBY, Sutanto langsung menyerahkan 1 buah untuk madrasahnya,  diterima Kepala Perpustakaan  Dra. Siti Mahmudati, MA.

"Bukunya bagus,  bisa mendukung pembelajaran Bahasa Jawa dan untuk latihan nembang,"kata Siti. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini