Panwas Copoti APK Bergambar Ketua Parpol

80

KORANBERNAS.ID — Ratusan unit alat peraga kampanye (APK) berupa bendera dan gambar ketua partai politik (parpol) yang terpasang di sejumlah lokasi larangan, ditertibkan petugas gabungan Panwas dan Satpol PP Kabupaten Klaten.

Pencopotan APK tersebut dipimpin langsung Ketua Panwaskab Klaten, Arief Fathurohman, bersama sejumlah petugas dari Satpol PP Pemkab Klaten, Rabu (07/03/2018).

Di temui di sela-sela pencopotan gambar ketua umum parpol di kawasan Kepoh Jalan Raya Solo-Jogja, Delanggu, Arif mengatakan kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018, Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

“Semua alat peraga yang dipasang melanggar aturan. Ukurannya belum disetujui oleh KPU. Parpol peserta pemilu sudah ada 19, tapi jadwal kampanye belum ada,” katanya.

Baca Juga :  Tim Gabungan Ini Siap Atasi Peredaran Obat Ilegal

Dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu disebutkan citra diri sudah masuk kategori kampanye namun karena saat ini belum masa kampanye maka harus ditertibkan.

Penertiban APK akan berlangsung berkelanjutan. “Hari ini ada seratusan yang ditertibkan. Besok istirahat karena Satpol PP ada agenda lain,” terang Arif.

Di kawasan Kepoh Delanggu, terdapat gambar ketua umum parpol yang dipasang di lokasi pemasangan reklame berukuran besar.

Gampar itu langsung dicopot oleh petugas kemudian diangkut mobil. Gambar serupa di perbatasan Kepoh dengan Besole Ceper dengan ukuran lebih kecil, ikut dicopot petugas. (sol)