Para Siswa Dilatih Cara Mengatur Lalu Lintas

23
Petugas Polres memberikan pengarahan dalam simulasi di SD Negeri 1 Jampiroso. (endri yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Guna meningkatkan keselamatan dan kedisiplinan pelajar dalam berlalu lintas sejak dini, Polres Temanggung dan Dinas Perhubungan Kabupaten Temanggung membuat Zona Selamat Sekolah (ZoSS) di 13 titik di wilayah kabupaten ini.

Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo ditemui usai Launching ZoSS di SD Negeri I Jampiroso Jalan Jenderal Sudirman, Selasa (13/02/2018) mengatakan, ZoSS diintegrasikan dengan Patroli Keamanan Sekolah (PKS).

“Disimulasikan maksudnya ketika ini semua  baik, sarana dan prasarana sudah selesai semuanya, maka otomatis akan diberlakukan kegiatan Zona Selamat Sekolah,” ungkapnya.

Menurutnya, ZoSS akan diperluas lagi hingga menjangkau seluruh kecamatan di Temanggung. Ke depannya juga akan menggandeng para pelajar untuk menjadi petugas patroli  keamanan sekolah.

Untuk menjadi petugas PKS, Satlantas Polres Temanggung berkoordinasi dengan pihak sekolah, melatih para siswa cara mengatur lalu lintas.

PKS akan bertugas ketika pagi hari saat waktu berangkat sekolah dan siang hari saat pulang sekolah. Mereka akan membantu teman-temannya menyeberang di jalan dengan didampingi guru wali kelas dan pendampingan dari Satlantas Polsek serta Dishub.

Ini merupakan salah satu cara untuk mendidik budaya tertib berlalu lintas sejak dini. “Ketika mereka merasakan menjadi petugas menyeberangkan temannya akan mengetahui kesalahan serta kebenaran dalam berlalu lintas,” ujarnya.

Bupati Temanggung H M Bambang Sukarno yang hadir saat simulasi itu mengapresiasi ide dan gagasan untuk membuat ZoSS dan dilibatkannya pelajar melalui program PKS tersebut.

Dia menyebutkan hal ini sebagai salah satu langkah dalam meminimalisasi tingkat kecelakaan di area sekolah. (sol)