Parpol Penerima Bantuan Keuangan Diminta Serahkan LPJ Secepatnya

104

KORANBERNAS.ID —  Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Klaten meminta partai politik (parpol) penerima bantuan keuangan 2017 agar segera menyerahkan laporan pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan dana tersebut secepat mungkin. Sebab hingga pekan pertama Februari 2018 baru enam parpol yang menyerahkan LPJ.

Kepala Kantor Kesbangpol Klaten, Sigit Gatot Budiyanto, mengatakan ada enam parpol telah menyerahkan LPJ Bankeu 2017 yaitu PKS, PKB, Hanura, Gerindra, PPP dan Nasdem.

“Empat parpol yang belum menyerahkan LPJ adalah Partai Golkar, PDI Perjuangan, PAN dan Partai Demokrat,” ujar Sigit, Jumat (08/02/2018).

Mantan Kabag Pembangunan itu menambahkan total dana yang dikucurkan untuk 10 parpol yang memiliki wakil di DPRD Klaten sebesar Rp 888 juta dengan perhitungan 1 suara Rp 1.229.

Baca Juga :  Sejumlah Pegawai Pemkab Beruntung Saat Peringatan Hari Kartini

Pada akhir Januari, Kantor Kesbangpol melayangkan surat pertama kepada pengurus parpol untuk menyerahkan LPJ-nya.

Namun karena masih ada yang belum menyerahkan maka disusul surat kedua yang dikirim akhir pekan ini. Targetnya, batas akhir penyerahan LPJ pada 15 Februari.

Ketua DPD Partai Golkar Klaten Yoga Hardaya saat dikonfirmasi mengaku partai yang dipimpinnya telah menyerahkan LPJ Bankeu 2017. “Sudah kami serahkan ke Kesbangpol, kok,” ujar Yoga yang juga Wakil Ketua DPRD Klaten itu.

Sedangkan Ketua Partai Demokrat Klaten One Krisnata melalui telepon selular mengaku belum menyerahkan LPJ Bankeu Parpol 2017 karena kepengurusan partai baru masa transisi. Meski demikian partainya segera mungkin menyerahkan LPJ.

Baca Juga :  Manfaat TMMD Langsung Dirasakan Masyarakat

“Kami baru saja masa transisi dari pengurus lama ke yang baru. Muscab juga baru saja selesai. Secepatnya akan kami serahkan,” kata dia.

Partai Demokrat Klaten pada periode 2014-2019 memiliki 2 wakil di DPRD Klaten. (sol)