Paslon Sepakat Kampanye dan Pilkada Damai

98
Suasana kampanye damai di KPU Jateng. (Bekti Maharani/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Kampanye Damai Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng dideklarasikan agar tercipta suasana kondusif dan wilayah ini tidak terpecah.

Deklarasi kampanye damai dilaksanakan di KPU Jateng, Jalan Veteran No 1 A, Kota Semarang, Minggu (18/02/2018). Dua pasangan calon (paslon) tampak hadir yaitu nomor urut 1, Ganjar Pranowo -Taj Yasin Maimoen dan paslon nomor urut 2, Sudirman Said -Ida Fauziyah.

Selain itu, tampak Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Ketua Bawaslu Jateng Fajar Saka dan anggota, Sri Sumanta, Ketua Panwaslu Kota Semarang, Muhammad Amin serta pemangku wilayah Kota dan pendukung kedua paslon.

Ketua KPU Joko Purnomo membacakan deklarasi damai diikuti dua paslon secara bersama-sama. Ada empat poin komitmen yang diucapkan para paslon. Yakni dalam melakukan kampanye paslon dan tim kampanye harus menjaga keutuhan NKRI berdasar Pancasila dan UUD 1945.

Melaksanakan kampanye damai yang mengedukasi pemilih, selanjutnya mereka berjanji kampanye anti hoax, SARA, dan politik uang serta tunduk pada undang-undang yang berlaku.

Baca Juga :  Sesuai Zaman Now, PKPI DIY Targetkan Tembus 5 Persen

“Jadi kegiatan deklarasi kampanye damai ini dimaksudkan agar kita berbagi tugas. Pasangan dan tim kampanye saling menggugah hati dan berpegangan tangan jaga persatuan dan kesatuan. Dan kami sebagai penyelenggara bisa berikan pelayanan agar masyarakat menggunakan hak pilih,” tandas Joko.

Pilkada Jateng 2018 sudah masuk masa kampanye, mulai 15 Februari hingga 23 Juni 2018. Dilanjut masa tenang selama tiga hari,24-26 Juni dan puncaknya coblosan pada 27 Juni 2018.

Juga digelar pawai Pilkada Damai di Semarang dengan rute ke arah Jalan dr Soetomo, Tugu Muda, Jalan Pandanaran, Simpang Lima, Jalan Pahlawan, kembali ke kantor KPU. Sebelum memulai pawai, dua Paslon senam bersama dan saling sapa dengan akrab.

Pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin datang lebih awal dengan mengunakan sepeda ke Kantor KPU Jateng. Mereka langsung bergabung ke barisan yang sedang melakukan senam Maumere.

Tidak lama kemudian pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah datang dan ikut senam di samping Ganjar-Yasin. Keduanya terlihat akrab dan sesekali bercanda.

Baca Juga :  Kembali ke DPRD DIY, Anggota Dewan Ini Peroleh Ucapan Selamat

Keakraban keduanya terus terlihat bahkan saat sarapan bersama di lobi kantor KPU Jateng bersama ketua KPU Jateng, Joko Purnomo.

Jajaran Bawaslu Jateng, siap melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Pilkada di Jateng. (Bekti Maharani/koranbernas.id)

Pengawasan

Kegiatan tersebut juga diawasi langsung oleh jajaran Bawaslu Jateng dan jajarannya ke bawah yaitu didampingi Ketua Panwaslu Kota Semarang, Muhammad Amin, Panwascam dan Panwaskel.

“Pengawasan melekat kami lakukan bersama jajaran kami ke bawah di wilayah Jateng ini,  selain pengawasan dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur juga bersamaan pengawasan dalam pemilihan Kepala Daerah di tujuh kota kabupaten,”kata Sri Sumanta secara terpisah.

Ketua Panwaslu Kota Semarang, Muhammad Amin menambahkan saat ini juga sedang melakukan identifikasi alat peraga kampanye (APK)  yang bukan dikeluarkan oleh KPU dan sudah marak di ibukota Jateng tersebut.

“Identifikasi APK ini kami lakukan untuk rekomendasi ke KPU Kota Semarang untuk nantinya ditertibkan Satpol PP sebagai lembaga yang berwenang,”ujar Amin. (SM)