pedagang-di-jalan-pabrik-karung-delanggu-ditertibkanKepala Desa Delanggu, Purwanto (baju batik), bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas, petugas Trantib Kecamatan Delanggu serta pengelola pasar desa Delanggu saat menggelar penertiban. (masal gurusinga/koranbernas.id)


Masal Gurusinga
Pedagang di Jalan Pabrik Karung Delanggu Ditertibkan

SHARE

KORANBERNAS.ID, KLATEN -- Petugas gabungan dari unsur Pemerintah Desa Delanggu, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Delanggu, petugas Trantib Kecamatan Delanggu serta pengelola pasar desa Delanggu menggelar penertiban terhadap pedagang yang masih berjualan di atas trotoar dan di pinggir jalan menuju bekas pabrik karung Delanggu, Selasa (8/3/2022).


Kegiatan dalam rangka mengembalikan fungsi trotoar untuk pejalan kaki, menjaga kondusivitas wilayah pasca relokasi pedagang dari kawasan lapangan Merdeka pada 11 Juli 2021 lalu serta menjaga kenyamanan dan kebersihan kawasan di sepanjang jalan menuju bekas pabrik karung Delanggu.


"Kegiatan ini dalam rangka menertibkan pedagang yang masih berjualan di sepanjang jalan menuju bekas pabrik karung atau di sekitar lapangan Merdeka. Sudah tujuh bulan mereka dipindahkan ke pasar desa tapi kok masih ada yang berjualan di pinggir jalan," kata Hadi Sarjono, Ngatiman dan Agus Joko Sriyanto, pengelola pasar desa Delanggu di Delanggu, Selasa (8/3/2022).

Sebelumnya, kata mereka, pedagang yang masih berjualan di pinggir jalan itu sebenarnya sudah tiga kali diberikan pengertian untuk tidak berjualan di pinggir jalan. Sebab kehadiran mereka juga telah mengundang reaksi dari pedagang yang kini berjualan di pasar desa.


Bahkan pedagang di pasar desa ada yang komplain jika pedagang di pinggir jalan tidak ditertibkan maka mereka mengancam akan kembali berjualan di pinggir jalan. Padahal pedagang yang kini berjualan di pasar desa Delanggu dulunya merupakan pedagang di sepanjang jalan menuju bekas pabrik karung.

Pasar Desa Delanggu dibangun di atas tanah kas desa. Pasar tersebut dimaksudkan untuk menampung ratusan pedagang yang sudah bertahun-tahun berjualan di sepanjang jalan menuju bekas pabrik karung atau di sekitar lapangan Merdeka Delanggu. Kini, pasar desa Delanggu dikelola oleh berbagai lembaga di Desa Delanggu seperti unsur LPMD, BPD, BUMDes, Karang Taruna dan RW.

Relokasi terhadap seluruh pedagang yang semula berjualan di sepanjang jalan menuju bekas pabrik karung ke pasar Delanggu dilaksanakan pada 11 Juli 2021. Praktis pasca relokasi pedagang menjadikan kawasan di sekitar lapangan Merdeka Delanggu bersih dari aktivitas pedagang maupun lapak tempat berjualan.

Namun tidak lama berselang, muncul sejumlah orang yang berjualan di pinggir jalan maupun di atas trotoar di sepanjang jalan menuju bekas pabrik karung. Untuk mengembalikan fungsi awal trotoar dan kebersihan kawasan lapangan Merdeka Delanggu itu dilakukan sosialisasi untuk tidak berjualan kepada pedagang.

Sayangnya, sosialisasi itu tidak diindahkan oleh pedagang yang masih nekad berjualan di atas trotoar hingga akhirnya petugas akan mengambil tindakan tegas menertibkan. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini