Pemilih Pemula Deklarasi Tolak Politik Uang

148
Panit 1 Bhinmas Polsek Sedayu Iptu Agus Supraja SH melakukan tanya jawab dengan pemilih pemula dalam acara sosialisasi yang digelar Panwas Kecamatan Sedayu di Warung Ndesso, Sabtu (24/03/2018) siang. (sari wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Para pemilih pemula di Kecamatan Sedayu Bantul mendelarasikan antipolitik uang pada pesta demokrasi April 2019. Deklarasi ini dilakukan usai mengikuti sosialisasi pemilu di Warung Ndesso, Sabtu (24/03/2018).

Sosialisasi yang diikuti 25 pemilih pemula perwakilan dari beberapa organisasi kepemudaan, pabrik dan sekolah tersebut dihadiri narasumber Ketua Panwas Sedayu, Teguh Widayat SSos, Panit 1 Bhinmas Polsek Sedayu Iptu Agus Supraja SH dan anggota Panwas Bantul, Jumarno SH.

“Ketika ada yang menawari kalian uang saat pemilihan, jangan coblos itu. Carilah calon anggota dewan, DPD ataupun kepala daerah yang memang visi dan misinya sesuai harapan kalian. Cermatilah itu,” kata Jumarno.

Dia juga mengingatkan agar berani menolak pembelian suara. Pilihlah yang sesuai hati nurani dan harapan. “Kalau kalian mengetahui ada orang  bagi-bagi uang, barang ataupun bantuan yang lain dengan ajakan untuk memilih calon tertentu, laporkan kepada aparat atau kepada Panwas untuk ditindaklanjuti,” katanya.

Baca Juga :  Unik, Peramu Kopi Ini Selalu Bertelanjang Dada

Iptu Agus mengatakan anak muda termasuk pemilih harus berani menjadi agen perubahan bagi kemajuan bangsa dan negara. “Jadilah pemuda yang berkualitas, berkarakter dan memberikan sumbangsih bagi negara ini,” katanya.

Salah satunya dengan menggunakan hak pilihnya saat pesta demokrasi mendatang  dan memilih sesuai hati nurani. “Kalian harus  turut berpartisipasi dan memberikan yang terbaik bagi bangsa ini,” kata Iptu Agus. (sol)