Selasa, 05 Jul 2022,


pemilu-2019-sedikit-lebih-rumit-pemilih-wajib-cek-jariMoch Zaenuri Ikhsan menunjukkan contoh surat suara Pemilu 2019. (sholihul hadi/koranbernas.id)


sholihul
Pemilu 2019 Sedikit Lebih Rumit, Pemilih Wajib Cek Jari

SHARE

KORANBERNAS.ID – Pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 tampaknya sedikit lebih rumit. Secara teknis ada hal baru yang belum pernah ada pada pemilu sebelumnya.


Salah satunya adalah calon pemilih sebelum memberikan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) wajib cek jari terlebih dulu.

  • Peran Satlinmas Strategis sebagai Juru Musyawarah
  • Sandi Launching Teh Wangi Produk UMKM Jogja

  • Di sinilah pentingnya keberadaan personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) di setiap TPS.

    “Jarinya tidak di belakang tapi di depan. Hal-hal seperti ini jika tidak diantisipasi bisa jadi nanti ada keributan. Karena masyarakat tahunya seperti itu (seperti pemilu dulu). Besok kan beda. Peran Linmas ada di sana,” ungkap Moch Zaenuri Ikhsan, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY.

  • Karet Celana Impor Pak..
  • Sandiaga Uno Datang, Pedagang Pasar Berebut Selfi

  • Kepada wartawan di sela-sela menghadiri Pembinaan Sat Linmas di GOR Segoro Amarto Tegalrejo Yogyakarta, Minggu (18/11/2018), dia menyampaikan Linmas penting untuk mengawal proses ketertiban masyarakat saat pemungutan suara.

    Dalam undang-undang, Linmas disebut tiga kali bahkan empat kali. “Di dalam undang-undang tidak disebutkan Linmas di luar  TPS, tetapi di TPS,” kata dia.

    Di DIY untuk satu TPS jumlah pemilih maksimal 300 orang. Ada kemungkinan jumlah TPS bertambah. “Di Yogyakarta saja pada rapat pleno kemarin masih ada tambahan empat TPS. Total ada 11.704 TPS. Tentu jumlah linmas akan bertambah,” kata Moch Zaenuri.

    Sedangkan Linmas di kabupaten secara jumlah belum terpenuhi. Untuk itu, KPU DIY akan membuat surat ditujukan ke Gubernur DIY maupun bupati/walikota, supaya pada saat pemungutan suara kebutuhan personel Linmas tercukupi.

    Menurut dia, akan jadi masalah apabila pada pemungutan suara tidak ada personel Linmas di TPS. “Linmas perannya penting sekali karena terkait dengan teknis yang agak ribet dan rumit, ada lima kotak suara,” kata dia.

    Pelatihan dan pembekalan yang diselenggarakan SatpoL PP DIY kali ini diikuti 300 lebih Linmas dari Kecamatan Tegalrejo, Wirobrajan dan Gedongtengen Kota Yogyakarta.

    Hadir Kepala Satpol PP DIY Drs Noviar Rahmad MSi maupun perwakilan dari Satpol PP Kota Yogyakarta serta tamu undangan dari instansi terkait termasuk unsur TNI dan Polri.

    Hadir sebagai narasumber dalam pelatihan itu, Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto serta dari KPU DIY. (sol)



    SHARE
    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini