pemkot-buka-perpustakaan-baru-semoga-tidak-tutupHaryadi Suyuti mengamati koleksi buku. (w asmani/koranbernas.id)


asmani
Pemkot Buka Perpustakaan Baru, Semoga Tidak Tutup

SHARE

KORANBERNAS.ID -- Perpustakaan Yogyakarta di Jalan Suroto Kotabaru dinilai terlalu ramai. Dalam sehari  jumlah kunjungan mencapai 1.700 orang, menunjukkan tingginya minat baca masyarakat Yogyakarta.


Supaya pengunjung tidak terkonsentrasi di satu perpustakaan saja, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta membuka perpustakaan alternatif di wilayah Yogyakarta selatan.

  • Polbatang Menuju Kampus Bertaraf Internasional
  • Karet Celana Impor Pak..

  • Perpustakaan Alternatif (Pevita) Kota Yogyakarta, nama perpustakaan itu, diluncurkan Kamis (15/11/2018) oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

    "Sebelumnya saya minta Plt Kepala Dinas Perpustakaan Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko untuk memikirkan perkembangan perpustakaan di wilayah selatan," kata Haryadi.

  • Sandiaga Uno Datang, Pedagang Pasar Berebut Selfi
  • Urus Izin UMK Cukup di Kecamatan

  • Maka dimanfaatkanlah bekas bangunan sekolah dasar (SD) dulunya digunakan untuk Rumah Pemulihan Gizi (RPG). Sedangkan RPG sekarang menempati gedung di belakang perpustakaan.

    "Perpustakan wilayah selatan berbeda fungsinya dengan perpustakaan di Jalan Suroto. Di sini isinya literasi anak-anak, nanti dibuka lagi di bagian lain dengan tujuan yang berbeda termasuk di balaikota," paparnya.

    Menurut dia, sudah saatnya buku kembali dijadikan sebagai bahan referensi. “Perpustakaan itu harus enak. Di sini dingin, selalu update dan mengikuti perkembangan," ujar walikota.

    Dia berharap perpustakaan ini menjadi sentral keilmuan sehingga pustakawan apabila menginginkan data bisa langsung disalin melalui flashdisk.

    "Tempat ini dilengkapi dengan koneksi internet, semoga bisa bertahan sampai akhir zaman, jangan tutup," pesannya.

    Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko, mengatakan perpustakaan alternatif wilayah selatan buka 20 jam dari pukul 07:30 hingga 03:30 selama tujuh hari.

    "Kebijakan ini masih dalam kajian hingga akhir tahun, untuk menentukan langkah berikutnya," ujar dia.

    Tahun depan perpustakaan Jalan Suroto Kotabaru rencananya dibuka 20 jam. "Tahun depan kami, akan membuka perpustakaan di wilayah utara dan barat," terang Wahyu. (sol)


    TAGS: koranbernasid 

    SHARE
    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini