penataan-infrastruktur-kota-kebumen-perbaikan-drainaseRuas Jalan Sukarno-Hatta yang ditata Pemkab Kebumen. (istimewa)


Nanang W Hartono
Penataan Infrastruktur Kota Kebumen Perbaikan Drainase

SHARE

KORANBERNAS.ID KEBUMEN--Penataan infrastruktur di beberapa ruas jalan di Kota Kebumen, dilakukan untuk mencegah genangan. Pemkab Kebumen akan membangun jalan khusus sepeda dan pejalan kaki atau koridor sepeda.


Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyatakan, penataan kota agar terlihat lebih rapih, dan nyaman bagi masyarakat. Seperti pembangunan drainase yang saat ini tengah berjalan di sepanjang Jalan Sukarno Hatta dan Mayjen Sutoyo.


“Agar wajah kota terlihat lebih rapih, dan nyaman,” kata Arif Sugiyanto, Rabu (10/8/2022)

Drainase dibangun untuk mengatasi persoalan banjir yang kerap terjadi di Kota Kebumen pada saat musim hujan. Pemkab Kebumen bakal menyediakan trotoar untuk pejalan kaki, dan jalur khusus sepeda.


“Master plan penataan kota, kita juga bakal menyediakan trotoar dan jalur khusus sepeda. Itu sudah ada, dan ini masuk dalam pengerjaan di tahun ini,”kata Arif Sugiyanto.

Jalur sepeda bakal disediakan di sepanjang koridor jalan satu arah. Dengan ruang ini, diharapkan masyarakat yang melakukan aktivitas menggunakan sepeda, khususnya anak sekolah bisa lebih leluasa dan lebih nyaman. Pengguna kendaraan lain juga tidak terganggu.

Bupati Arif Sugiyanto memastikan pembangunan koridor pesepeda tengah dikerjakan oleh pemerintah. “Rambu-rambu jalan juga bakal diperbaiki,” ujar Arif Sugiyanto.

Marka jalan akan diperbaiki, diantaranya zebra cross, di depan Masjid Agung Kauman. Pengamatan koranbernas.id, pembangunan drainase dan trotoar, menebang sejumlah pohon perindang.

Jurnais media ini belum memperoleh data jumlah pohon perindang yang ditebang. Serta apakah ada pohon pengganti, sehingga wajah Kota di 2 ruas jalan tidak panas dan gersang.

Permintaan informasi kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kebumen, Haryono Wahyudi melalui nomor kontak pribadinya pekan lalu belum direspon. (*)

 

 



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini