pendaftaran-panwaslu-kecamatan-di-jateng-dibuka-15-septemberMuhammad Amin. (istimewa).


Bekti Maharani
Pendaftaran Panwaslu Kecamatan di Jateng Dibuka 15 September

SHARE

KORANBERNAS.ID, SEMARANG -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah melakukan perekrutan anggota panitia pengawas pemilu (panwaslu) tingkat kecamatan yang akan melakukan pengawasan dalam tahapan Pemilihan Umum 2024.


Ketua Bawaslu Jateng, Muhammad Amin menyatakan hal tersebut ketika dihubungi Minggu, (25/9/2022). "Seleksi anggota panwaslu kecamatan yang saat ini sedang berlangsung dilakukan Bawaslu kabupaten/kota di Jateng," katanya.


Ia menjelaskan bahwa pendaftaran calon anggota panwaslu kecamatan dibuka pada 15-21 September 2022, sedangkan pendaftaran dan penerimaan berkas pendaftaran pada 21-27 September 2022, serta penelitian kelengkapan berkas pendaftaran 28-30 September 2022.

Ketua terpilih


Muhammad Amin, mantan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang, terpilih sebagai Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah (Jateng) periode 2022-2027. Amin menggantikan posisi Fajar SAKA yang telah berakhir masa jabatannya.

Terpilihnya Amin sebagai Ketua Bawaslu Provinsi Jateng itu diputuskan melalui rapat pleno yang diikuti tujuh komisioner Bawaslu Jateng di Kantor Bawaslu Jateng. Hasil rapat itu kemudian menetapkan Muhammad Amin sebagai ketua secara mufakat.

Amin sebenarnya merupakan anggota baru Bawaslu Jateng. Ia bersama dua komisioner lainnya yakni Diana Ariyanti dan Achmad Husain baru saja dilantik menjadi anggota Bawaslu Jateng periode 2022-2027 di Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Ketiganya menggantikan tiga anggota Bawaslu Jateng periode 2017-2022 yang masa kerjanya telah berakhir, yakni Fajar SAKA, Sri Wahyu Ananingsih, dan Sri Sumanta.

Sesuai amanat Undang-Undang [UU] Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, jumlah anggota Bawaslu Provinsi Jateng sebanyak tujuh orang. Selain tiga yang telah dilantik ada empat anggota lain atau eksisting dengan masa jabatan 2018-2023.

Keempat anggota Bawaslu Jateng yang memiliki masa kerja 2018-2023 itu yakni Muhammad Rofiuddin, Anik Sholihatun, Heru Cahyono, dan Gugus Risdaryanto. Dengan demikian, total saat ini ada tujuh anggota Bawaslu Jateng dengan berbagai tanggung jawab dan tugas masing-masing.

Berikut 7 anggota Bawaslu Jateng beserta divisinya:

1. Ketua Bawaslu Jateng: Muhammad Amin

2. Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi

Koordinator: Gugus Risdaryanto

Wakil Koordinator: Achmad Husain

3. Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat

Koordinator: Anik Sholihatun

Wakil Koordinator: Heru Cahyono

4. Divisi Hukum, Pendidikan, dan Pelatihan

Koordinator: Diana Ariyanti

Wakil Koordinator: Gugus Risdaryanto

5. Divisi Penyelesaian Sengketa

Koordinator: Heru Cahyono

Wakil Koordinator: Diana Ariyanti.

6. Divisi Penanganan Pelanggaran

Koordinator: Achmad Husain

Wakil Koordinator: Muhammad Rofiuddin.

7. Divisi Humas, Data dan Informasi

Koordinator: Muhammad Rofiuddin

Wakil Koordinator: Anik Sholihatun. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini