pengamanan-kebumen-international-expo-secara-terbuka-dan-tertutupKonferensi pers pengamanan Kebumen International Expo (KIE) dan perkara pencurian di konser musik KIE. (istimewa)


Nanang W Hartono
Pengamanan Kebumen International Expo secara Terbuka dan Tertutup

SHARE

KORANBERNAS.ID,  KEBUMEN -- Kebumen International Expo (KIE) yang telah terselenggara sejak Sabtu (25/6/2022) secara umum berjalan kondusif. Pengunjung perlu waspada dengan barang bawaan seperti telepon seluler.


Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin kepada wartawan, Rabu (29/6/2022), menjelaskan pengamanan KIE dan konser musik, Polres Kebumen didukung 1.000 anggota Polri dan TNI.


Pengamanan dilakukan secara terbuka. Anggota Polri dan TNI berseragam. Sedangkan pengamanan secara tertutup, aparat keamanan tidak memakai baju dinas.

AKBP Burhanuddin menjelaskan, penangkapan tiga tersangka copet kelompok AF dan kelompok MAH merupakan hasil pengamanan tertutup.


Hasil penyidikan yang terungkap, Minggu (26/6/2022) malam, mereka menyamar jadi penonton dan ikut membaur di depan panggung. Modusnya hampir sama. Ada yang berperan membuat kegaduhan, temannya mengambil barang, dan mengalihkan barang itu kepada teman lainnya. Tersangka mengambil kesempatan ramainya konser musik KIE untuk beraksi. Ada pelaku yang berperan mengalihkan perhatian calon korban dengan menyulut petasan.

Tersangka dijerat Pasal 363 KUH Pidana tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman penjara paling lama 7 tahun.

Burhanuddin mengingatkan, peran warga juga penting untuk mencegah kejahatan, tidak mengundang perhatian pelaku kejahatan, seperti tidak mengenakan perhiasan yang berlebihan atau barang berharga yang mengundang reaksi kejahatan. (*)


TAGS: Polres  Kebumen 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini