Pengawas TPS Bertugas di Garda Terdepan

Awasi Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 27 Juni 2018

243
PTPS bersama Panwascam Tembalang, Pengawas Pemilu Kelurahan se-Kecamatan Tembalang, rohaniawan dan stakeholder foto bersama usai pelantikan. (b maharani/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Sejumlah 267 Pengawas TPS (PTPS)  Kelurahan se-Kecamatan Tembalang dilantik oleh Ketua Panwascam Tembalang  Kota Semarang. Mereka akan bertugas pada saat Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur pada 27 Juni 2018.

Ketua Panwaslu Kota Semarang,  Muhammad Amin,  saat menghadiri acara pelantikan di Dafam Hotel menyatakan pelantikan tersebut dalam rangkaian rekrutmen pengawas TPS Kecamatan Tembalang yang telah berlangsung pekan kemarin.

“Pelantikan PTPS di Kota Semarang dilaksanakan oleh masing-masing Panwascam di tanggal yang sama 4 Juni 2018, hanya jam yang berbeda saja. Kami melakukan supervisi saja di 16 kecamatan,” kata Muhammad Amin.

Selain dilantik, PTPS juga mendapatkan  pembekalan terkait dengan tugas, wewenang dan materi pengawasan lainnya.

Baca Juga :  Beras Murah Sejumlah Empat Ton Laris
Pelantikan sumpah dan janji 267 Pengawas TPS se Kecamatan Tembalang. (b maharani/koranbernas.id)

Adapun jumlah PTPS  terbanyak Kelurahan Sendangmulyo tercatat 57 orang. Dibanding 11 Kelurahan yang ada di Kecamatan Tembalang.

“Pengawas TPS merupakan garda terdepan dalam pelaksanaan pemilu. Sebab, kerja PTPS dalam pengawasan menjadi ujung tombak,” kata Sonni Kurniawan, Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran Panwascam Tembalang.

Setiap PTPS harus memiliki SIM P yaitu Soliditas,  Integritas, Mentalitas dan Profesionalitas, ketika menjalankan tugas dan wewenang di lapangan.

SIM P wajib untuk semua pengawas di jajaran Bawaslu agar pelaksanaan pemilihan gubernur Jateng 27 Juni mendatang berjalan jujur, adil dan lancar. (sol)