Selasa, 26 Jan 2021,


pilkada-klaten-sinuwun-tejowulan-merestui-pasangan-abyhjtCalon wakil Bupati Klaten, Harjanta (HJT), dan Sinuwun Panembahan Ageng Tejowulan. (istimewa)


--

Pilkada Klaten, Sinuwun Tejowulan Merestui Pasangan ABY-HJT


SHARE

KORANBERNAS.ID, KLATEN – Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Kanjeng Susuhunan Paku Buwono XIII Sinuwun Panembahan Ageng Tejowulan dari Keraton Kasunanan Surakarta merestui pasangan Dr Arif Budiyono ST MT – Drs Harjanta SE M.Pd (ABY-HJT) pada kontestasi Pilkada Kabupaten Klaten 2020.

Restu itu didapat saat pasangan ABY-HJT sowan kepada Sinuwun Panembahan Ageng Tejowulan di sebuah padepokan di kawasan Klaten, pekan lalu. Bahkan, pasangan ABY-HJT diterima oleh Sinuwun Panembahan Ageng Tejowulan dalam dua kali pertemuan, Rabu (18/11/2020) malam dan Kamis (19/11/2020) malam.


“Dalam dua kali pertemuan tersebut, Sinuwun Tejowulan selain memberi restu juga memberi wejangan kepada pasangat ABY-HJT tentang konsep-konsep kepemimpinan dalam khasanah budaya Jawa,” kata KRT Ronggo Sutarmo, abdi dalem keraton Solo yang ikut dalam pertemuan tersebut, kepada koranbernas.id, Kamis (26/11/2020) malam.

Salah satu pesan penting yang disampaikan Sinuwun Panembahan Ageng Tejowulan adalah agar pasangan ABY-HJT menyiapkan mental sebagai seorang Bupati dan Wakil Bupati Klaten. “Pesan tersebut mengisyaratkan bahwa Sinuwun Tejowulan merestui sekaligus menaruh harapan besar kepada pasangan ABY-HJT untuk mempimpin Kabupaten Klaten,” kata KRT Ronggo Sutramo.


Menurut KRT Ronggo Sutarmo, langkah pasangan ABY-HJT untuk sowan kepada Sinuwun Panembahan Ageng Tejowulan tersebut sebagai langkah yang tepat. Langkah tersebut menunjukkan bahwa pasangan ABY-HJT punya kesadaran sejarah.

“Sebab, eksistensi Kabupaten Klaten itu tidak bisa dilepaskan dari Keraton Solo. Pembentukan Kabupaten Klaten justru diinisiasi oleh Keraton Solo,” jelas KRT Ronggo Sutarmo.

KRT Ronggo Sutarmo merujuk catatan sejarah bahwa Kabupaten Klaten dirintis oleh Kanjeng Gusti Ratu Kenconowungu atas perintah Sinuwun Paku Buwono IV. “Bahkan, Bupati Klaten pertama, KRT Kusumo Negoro, dilantik di Sitihinggil Keraton Solo pada 28 Juli 1804. Ini fakta sejarah yang membuktikan bahwa keberadaan Kabupaten Klaten tidak bisa dilepaskan dari Keraton Kasunanan Surakarta,” kata KRT Ronggo Sutarmo.

Restu dari Sinuwun Panembahan Ageng Tejowulan kepada pasangan ABY-HJT tersebut juga disampaikan Joko Yunanto SH MH, Ketua Tim Advokasi pasangan ABY-HJT. Menurut Joko Yunanto, Sinuwun Panembahan Ageng Tejowulan bahkan akan berada di Klaten mulai masa minggu tenang, 5 Desember 2020, hingga selesai perhitungan suara Pilkada Klaten, 9 Desember 2020.

“Ini menunjukkan bahwa Sinuwun Tejowulan sangat serius mendukung dan merestui pasangan ABY-HJT,” kata Joko Yunanto yang ikut mendampingi pasangan nomor 03 tersebut dalam dua kali pertemuan dengan Sinuwun Panembahan Ageng Tejowulan tersebut.

Menurut Joko Yunanto, restu dari Sinuwun Panembahan Ageng Tejowulan tersebut makin menyemangati pasangan ABY-HJT untuk maju dalam kontestasi Pilkada Klaten 2020. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini