Kamis, 22 Apr 2021,


prihatin-dengan-sdm-literasi-pmii-menggelar-workshop-jurnalistik-untuk-mahasiswaEko Sutopo wartawan Purworejo Ekspres, membagi pengalaman jurnalistiknya. (istimewa)


Wahyu Nur Asmani EW
Prihatin Dengan SDM Literasi, PMII Menggelar Workshop Jurnalistik Untuk Mahasiswa

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO—Di tengah arus globalisasi yang kian menguat, peran media sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Banyak media yang bermunculan akhir-akhir ini menjadi pertanda akan pentingnya informasi yang dapat diakses oleh semua kalangan.


Menanggapi hal itu, Pergerakan Mahsiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Imam Puro, bekerjasama dengan Klikmedia9.com salah satu media komunitas yang dimiliki PMII, menggelar workshop jurnalistik untuk menciptakan SDM yang berkualitas dalam bermedia. Pelatihan bertajuk “Mengoptimalkan Peran Milenial Dalam Perkembangan Digitalisasi” tersebut, digelar 2 hari pada Sabtu-Minggu 27-28 Februari 2021.


Pimpinan Redaksi Klikmedia9.com Ahmad Al-Masykur menjelaskan, kegiatan ini sebagai respon PMII terhadap minimnya SDM literasi muda yang ada di Purworejo.

Arus globalisasi sangat berpengaruh terhadap perilaku generasi milenial, yang hari ini lebih terpaku terhadap gadged dan menjadikan sosial media sebagai wahana untuk bersenang-senang dan menjadikan mereka kurang produktif.


“Kita melihat SDM literasi muda di Purworejo sangat minim. Ini sebagai bentuk respon kami sebagai insan media dari kalangan generasi milenial,” katanya kepada media usai kegiatan, Minggu (28/02/2021).


Kegiatan workshop media kali ini, dilakukan di Auditorium STAINU Purworejo dengan mendatangkan berbagai ahli media di bidangnya masing-masing. Di antaranya Imam Al-Fata dengan materi Desain Grafis. Imam sudah bergelut dengan desain bertahun-tahun hingga karyanya sudah banyak diakui khususnya di Purworejo.


Juga tampil Eko Sutopo wartawan salah satu media besar di Purworejo. Eko sendiri kerap memenangi berbagai lomba menulis tingkat Jawa Tengah maupun nasional.

“Tidak hanya itu, salah satu wartawan senior Purworejo Hantoro Wibowo juga kita hadirkan untuk melatih sahabat-sahabat dalam bidang videografi,” katanya.

Ahmad Al-Masykur berharap, dengan workshop media ini ke depan akan tercipta kader-kader PMII yang mumpuni dalam bidang media, dan mempunyai karakter yang produktif. Sehingga dapat menyuplai kurangnya SDM literasi muda di Purworejo. Workshop ini diikuti oleh anggota PMII baik di komisariat Imam Puro, Komisariat Ahmad Dahlan maupun Komisariat An-nawawi khususnya pengurus Klikmedia9.com yang bernaung di bawah PMII Imam Puro maupun Pengurus Buletin To Care yang berada di Komisariat An-nawawi.

“Kita akan terus mencetak kader-kader terbaik di bidang media guna memenuhi kebutuhan SDM literasi,” katanya.

Salah satu peserta Gunawan Septianto yang juga pengurus Buletin To Care PMII An-nawawi, mengaku dengan adanya workshop ini dapat dijadikan sumber ilmu pengetahuan bagi para pengurus. Dengan metode berinteraksi langsung dan praktik yang dilakukan, peserta dapat langsung mengaplikasikan materi yang sebelumnya sudah diberikan oleh pemateri.

“Saya dan teman-teman yang lain akan melakukan evaluasi kinerja dan lebih menyiapkan diri lagi dalam mengemban amanah sebagai pengurus. Materi yang diberikan juga lebih mengena dengan adanya praktik langsung meski dalam ruangan. Lain kali akan kita agendakan terjun langsung di lapangan,” tandasnya. (*)

 

 



SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini