PSI Lolos Ikut Pemilu di Purworejo

236
Usai sidang, pengurus PSI Purworejo foto bersama Kuasa Hukum, Teguh Purnomo di Kantor Bawaslu (hery priyantono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Teka-teki keikutsertaan Dewan Pimpinan Cabang Partai Solidaritas Indonesia (DPC PSI) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, terjawab sudah.

Hal ini setelah Majelis Adjudikasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purworejo, Jumat (03/08/2018) siang, di Aula Kantor Bawaslu memutuskan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat meloloskan DPC PSI Purworejo menjadi peserta Pemilu 2019.

“Kami putuskan agar KPUD memproses DPC PSI menjadi peserta pemilu, yakni melayani partai tersebut dalam setiap tahapan pemilu seperti peserta atau partai politik (parpol) lainnya yang terlebih dulu dinyatakan lolos,” ucap Ketua Bawaslu Purworejo, Rinto Hariyadi, usai menjadi majelis.

Lima Komisionaris KPUD tampak kompak menghadiri sidang. Ketua KPUD, Dulrokhim diapit empat komisioner lainnya masing-masing Purnomosidy, Suwardiyo, Akmaliah dan Widyastuti.
Sedangkan dari kubu PSI hadir Ketua DPC Okgy Prasetyo, Sekretaris Imam Bukhori dan diampingi Kuasa Hukum, Teguh Purnomo SH MH.

Baca Juga :  Pendaftar di Polres Kebumen 190 Orang

Jalannya Sidang Adjudikasi berlangsung tertib dan lancar. Ketiga majelis masing-masing Rinto, Ani dan Ali Yafie secara bergantian membacakan amar putusan hampir selama 30 menit.

Majelis menilai PSI dianggap secara sah bisa diikutkan menjadi peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Purworejo.

Sidang Adjudikasi Pemilu di Ruang Aula Bawaslu Purworejo, Kamis (03/08/2018) siang. (hery priyantono/koranbernas.id)

Usai putusan, Komisioner KPUD Devisi Teknis Penyelenggaraan, Umum dan Organisasi, Widya Astuti SS Mpar, mengungkapkan dengan putusan majelis otomatis pihaknya segera memproses tahapan-tahapan untuk PSI.

Ya, berarti akan tambah satu lagi peserta pemilu di Purworejo. Yang sebelum putusan ini sudah kami tetapkan sebanyak 12 parpol kini akan menjadi 13 parpol yang akan mengikuti Pemilu 2019,” ucap Widya kepada koranbernas.id, usai sidang.

Sedangkan Teguh Purnomo menegaskan keputusan majelis sidang jelas menunjukkan kliennya yakni DPC PSI, dinyatakan secara sah mengikuti Pemilu 2019 di Purworejo.

Baca Juga :  Kisah Cinta Tahap Tiga di London Love Story 3

Dirinya meminta KPUD Purworejo segera melayani tahapan demi tahapan yang harus ditempuh oleh PSI. “Saya minta agar KPUD tetap harus melayani DPC PSI untuk mengikuti setiap tahapan Pemilu dengan jujur dan adil. Kami masih akan terus memantau sampai benar-benar PSI bertarung dalam pemilu tahun depan,” pinta Teguh.

Pria yang menjadi bagian Tim Hukum dalam Gugatan Banding PKL Alun-alun Purworejo melawan Pemkab Purworejo ini, menyebutkan dirinya akan terus memberikan advokasi jika terdapat perlakuan yang tidak adil peserta pemilu oleh penyelenggara pemilu.

“Saya akan terus kawal penyelenggara pemilu, kapan pun. Jika memang menyimpang, kami siap mengadu ke Bawaslu Jateng,” tegas Teguh. (sol)