Racana IAIN Purwokerto Bangun Desa Wisata di Riau

166
Taman di pinggir danau Desa Aur Sati Riau yang dibangun Racana IAIN Purwokerto sehingga menjadi destinasi menarik. (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Bersama dengan kontingen lain dari berbagai daerah di Indonesia, Kontingen Racana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto Jawa Tengah, membangun desa wisata di Kabupaten Kampar Riau.

Ini merupakan bagian dari keikutsertaan kampus tersebut pada event PW PTK (Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan) IV Tahun 2018 yang berlangsung 3-10 Mei 2018 di Bumi Perkemahan UIN Suska Riau.

“Kontingen Racana IAIN Purwokerto mengirimkan sedikitnya sepuluh orang dalam kegiatan Bakti Pengabdian Masyarakat di Desa Aur Sati Kabupaten Kampar Riau,” ungkap Mawi Khusni Albar, Pengajar IAIN Purwokerto, Selasa (08/05/2018).

Menurut dia, kegiatan tersebut sekaligus sebagai implementasi Trisatya kedua yaitu menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat.

Rangkaian kegiatan PW PTK IV di UIN Suska Riau kali ini, salah satunya berupa kegiatan bakti pengabdian masyarakat dengan membangun taman di pinggiran danau di Desa Aur Sati.

Baca Juga :  Catat, Pemakaian Anggaran Jangan Mengada-Ada
Racana IAIN Purwokerto saat membangun taman di Desa Aur Sati Riau. (istimewa)

Sepuluh anggota Racana IAIN Purwokerto bersama anggota racana lainnya membangun desa wisata yang berpotensi sebagai destinasi desa wisata menarik. “Awalnya, danau itu kurang diminati oleh warga,” kata Syahrul Azkia, salah seorang Racana IAIN Purwokerto.

Berbekal perlengkapan dan peralatan seadanya, Racana UIN Purwokerto membangun kawasan tersebut menjadi tempat yang menarik. Mereka menggunakan ban-ban bekas, dicat sedemikian rupa dan terlihat menarik.

“Saya optimistis, sepulang kami dari Riau tempat ini akan menjadi obyek yang ramai dikunjungi oleh warga setempat bahkan bisa dari luar daerah,” tambahnya.

Musmuallim selaku pembina saat meninjau lokasi tersebut kagum dengan kreativitas anggota pramuka tersebut. “Saya kagum dan bangga dengan mereka, karena ternyata ide-ide kreatif mereka mampu merubah tempat yang biasa saja menjadi luar biasa,” tuturnya. (sol)

Baca Juga :  Bupati Sleman Beri Penghargaan Perangkat Daerah Berprestasi