Selasa, 28 Sep 2021,


ratusan-babinkamtibmas-dan-babinsa-dilibatkan-tracingPelatihan calon tracer di Puskesmas Kebumen 1, Selasa (3/8/2021). (istimewa)


Nanang W Hartono
Ratusan Babinkamtibmas dan Babinsa Dilibatkan Tracing

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Dinas Kesehatan Kebumen sedang menyelenggarakan pelatihan calon tracer anggota Bhabinkamtibmas Polres Kebumen dan Babinsa Kodim 0709 Kebumen. Jumlah tracer anggota TNI AD dan Polri yang akan mencari orang yang kontak dengan orang terkonfirmasi Covid-19 bersama Satgas Penanganan Covid-19 desa, lebih dari 600 orang.


Anggota Bidang Informasi Publik yang juga Ketua Tim Tracing dan Testing Satgas Penanganan Covid-19 Kebumen, Kusbiyantoro, Selasa (3/8/2021), menjelaskan sebelum menjadi tim tracer, ada pelatihan. Sebanyak 35 puskesmas dalam pekan ini menyelenggarakan pelatihan. Pekan kedua Agustus 2021, kegiatan tracing akan melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas.


Kapolres Kebumen, AKBP Piter Yanottama, melalui Kasi Humas Polres, Iptu Tugiman, mengatakan latihan calon tracer dilakukan untuk menyukseskan program memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

"Tugas Bhabinkamtibmas dan Babinsa dalam tracing ini adalah pembinaan dan pencegahan. Nanti mereka melekat bersama Satgas Covid desa, melakukan tracing kepada warga yang kontak erat," kata Tugiman.


Polres Kebumen mengimbau warga agar memberikan informasi sebenarnya saat petugas PPKM melakukan tracing.

Warga juga diminta untuk patuh apa yang disarankan petugas PPKM saat melakukan tracing.

"Kami meminta untuk selalu memberikan informasi utuh saat petugas kami melakukan tracing. Informasi yang kami butuhkan diantaranya penyebab ia terpapar, dengan siapa saja ia kontak serta keluhan kesehatan," kata Tugiman.

Semakin banyak informasi yang disampaikan, tracing dapat dilakukan menyeluruh, sehingga laju penyebaran Covid-19 dapat segera ditangani. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini