realisasi-pembangunan-rabat-beton-tmmd-sengkuyung-mencapai-60-persenPembangunan jalan rabat beton, program TMMD Sengkuyung, di Karanggayam. (istimewa)


Nanang W Hartono
Realisasi Pembangunan Rabat Beton TMMD Sengkuyung Mencapai 60 Persen

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Realisasi pembangunan rabat beton dan pemugaran rumah pada TMMD Sengkuyung I tahun 2022 di Desa Giritirto, Kecamatan Karanggayam, Kebumen hingga Rabu ( 25/5/2022) sudah mencapai 60 persen.


Dengan mengusung tema TMMD "Dedikasi Terbaik Membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia ", Dandim 0709 Kebume, Letkol Inf Eduar Hendri, mengatakan TMMD Sengkuyung bertujuan membantu Pemerintah Kabupaten Kebumen dalam percepatan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sasaran fisik dan nonfisik.


Kegiatan TMMD Sengkuyung dimulai 11 Mei 2022 sampai dengan 9 Juni 2022

Kegiatan TMMD Sengkuyung I tahun 2022 berupa pembangunan fisik jalan rabat beton dengan volume 1.000 meter X 30 cm X 15 meter menghubungkan Giritirto dengan Desa Wonotirto, dan pemasangan gorong-gorong 2 unit dengan volume 4 meter X 80 cm. Sasaran tambahan rehabilitasi rumah 4 Warga. Pelaksanaan TMMD Sengkuyung melibatkan tenaga TNI 30 Orang, interdis 2 orang dan masyarakat 33 orang.


Kegiatan nonfisik meliputi sosialisasi wawasan kebangsaan dan bela negara dari Kodim 0709 Kebumen. Sosialisasi ketentraman dan ketertiban masyarakat dari Polres Kebumen, penyuluhan kesehatan dalan rangka memutus mata rantai penyebaran Covid 19 pencegahan stunting dan peningkatan peran lembaga kesehatan desa Posyandu, Pospindu PTM & KB kesehatan dari Dinas Kesehatan PPKB Kebumen.

Pelatihan manajemen BUMDES untuk peningkatan potensi ekonomi desa dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kebumen.

Pembangunan sarana dan prasarana jalan yang menjadi kebutuhan masyarakat, diharapkan mengatasi kesulitan masyarakat Giritirto, di antaranya perbaikan infrastruktur, diharapkan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar karena dengan adanya akses jalan ini kegiatan perekonomian, pendidikan anak-anak dan semua aktivitas masyarakat menjadi lebih efektif dan efisien karena jalan dapat di lalui dengan kendaraan menjadi lebih mudah dan lancar.

Kegiatan nonfisik diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan kemampuan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan serta kesehatan masyarakat dan juga untuk meningkatkan wawasan kebangsaan guna memperkuat rasa kecintaan pada desa dan wilayah yang muaranya akan tertuju pada bela negara dan tanah air.

“Mari kita sama-sama optimalkan tugas mulia ini dengan saling bahu membahu dan bergotong royong sebagai salah satu langkah nyata untuk mewujudkan pembangunan menuju Indonesia yang lebih makmur dan sejahtera, khususnya di Kabupaten Kebumen," kata Eduar Hendri.

Pembangunan jalan rabat beton mengubah jalan berlumpur, mengurangi jarak tempuh masyarakat, biaya transportasi. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini