rsud-sleman-bakti-sosial-deteksi-dini-pada-ibu-hamilBakti sosial deteksi dini pada ibu hamil dengan pemeriksaan ANC dan USG gratis di RSUD Sleman. (istimewa)


Nila Hastuti
RSUD Sleman Bakti Sosial Deteksi Dini pada Ibu Hamil

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sleman mengadakan bakti sosial (baksos) deteksi dini pada ibu hamil dengan pemeriksaan ANC dan USG gratis.


Ini merupakan kegiatan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat dan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Tahun 2022.


Bakti diadakan di Klinik Kebidanan dan Kandungan Lantai 3 GPT RSUD Sleman, Sabtu (23/7/2022). Tujuannya untuk meningkatkan kesehatan ibu dan bayi serta menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

Direktur RSUD Sleman, dr Novita Krisnaeni MPH,  menyampaikan berbagai upaya telah dilakukan untuk menekan angka kematian ibu melahirkan, salah satunya melalui pemeriksaan ANC dan USG gratis kali ini.


"Meski baru dapat dilakukan untuk 40 orang namun kegiatan ini cukup positif dan berharap dapat terus dikembangkan pada kesempatan yang akan datang," kata Novita.

Peserta mendapatkan layanan pemeriksaan oleh dokter spesialis obsgin serta pemeriksaan ANC oleh bidan dan mendapatkan layanan konseling oleh bidan.

Novita menjelaskan Ante Natal Care (ANC) perawatan selama kehamilan menjadi satu bagian yang tak terpisahkan dalam mengupayakan kehamilan yang sehat baik bagi ibu maupun bayi.

"Setiap ibu hamil memiliki risiko komplikasi dan berhak mendapatkan akses terhadap pelayanan asuhan kehamilan, persalinan dan nifas yang berkualitas," jelasnya.

Pelayanan antenatal selayaknya dilaksanakan secara komprehensif, untuk memastikan kehamilan berlangsung normal, mampu mendeteksi dini masalah dan penyakit yang dialami ibu hamil, melakukan intervensi secara patut sehingga ibu hamil siap untuk menjalani persalinan.

"Pemeriksaan ibu dan bayi dilakukan secara berkala adalah pemeriksaan USG. Pemeriksaan ini penting dilakukan pada awal kehamilan untuk menentukan usia kehamilan dan mengetahui kondisi awal janin," tambahnya.

Menurut Novita, pemeriksaan selanjutnya pada usia kandungan trimester kedua terutama untuk mengevaluasi kemungkinan kelainan anatomi yang bisa saja dialami janin.

Terakhir, bisa dilakukan pada trimester ketiga untuk mengetahui pertumbuhan janin dan posisi janin beserta plasenta atau ari-ari di dalam rahim.

"Pemeriksaan USG trimester ketiga juga membantu ibu untuk merencanakan persiapan persalinan. Pemeriksaan kehamilan berkualitas diharapkan semua kehamilan dapat terkawal dengan baik," papar Novita.

Dia berharap hasil pemeriksaan ANC dan USG gratis bagus. Baksos terselenggara atas kerja sama RSUD Sleman, IBI, Baznas Sleman, Bank Sleman, Bank BPD DIY. (*)


TAGS: RSUD  Sleman 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini