sembilan-pejabat-berebut-posisi-sekda-diySekda DIY Gatot Saptadi (kanan) berbincang dengan Tavip Agus Rayanto saat menghadiri Rapat Paripurna DPRD DIY. (istimewa)


sholihul

Sembilan Pejabat Berebut Posisi Sekda DIY

SHARE

KORANBERNAS.ID – Sembilan orang pejabat di lingkungan Pemerintah DIY mengikuti seleksi untuk memperebutkan posisi Sekretaris Daerah (Sekda) DIY yang saat ini masih dijabat oleh Gatot Saptadi.

Tidak lama lagi Gatot lengser dari jabatannya karena sudah waktunya pensiun.


Baca Lainnya :

Pelaksanaan Uji Kompetensi Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya DIY 2019 berlangsung dua hari Senin dan Selasa (12-13/8/2019) di Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY.

“Sembilan peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi ini berhak mengikuti tahapan selanjutnya,” ungkap Gatot di sela-sela menghadiri uji kompetensi.


Baca Lainnya :

Dia menyebutkan sembilan nama itu adalah Drs Kadarmanta Baskara Aji , Drs Tri Mulyono MM, Ir Aris Riyanta MSi, Drs Tavip Agus Rayanto MSi, Drs Tri Saktiyana MSi, Ir Roni Primanto Hari MT, Ir Drajad Ruswandono MT, Sumadi SH MH dan Drs Krido Suprayitno SE MSi.

Menurut Gatot, uji kompetensi meliputi penulisan makalah serta uji gagasan atau wawancara. Dari sembilan nama, enam orang secara otomatis tersingkir hingga mengerucut tiga besar.

“Semua mendapatkan peluang dan kesempatan yang sama,” kata dia.

Proses seleksi Sekda DIY mengacu UU No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara serta dipantau langsung Gubernur DIY.

Di dalam undang-undang itu disebutkan pola manajemen karier dilaksanakan dengan promosi dan seleksi terbuka.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI Dr Ir Bima Haria Wibisana MSIS selaku Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Sekda DIY mengakui proses seleksi kali ini kompleksitasnya tinggi.

Kenapa? “Memang Sekda itu jabatan yang sangat rumit ketugasannya. Pengisi jabatan harus mampu menjadi jembatan komunikasi di dalam pemerintahan,” jelasnya.

Apalagi keistimewaan DIY yang menempatkan Sultan sekaligus gubernur tidak dimiliki daerah lain sehingga perlakuannya tidak sama. “DIY ini kan istimewa, jadi Sekdanya juga harus istimewa,” ucap dia. (sol)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini