sinergi-semarang-dan-kota-jogja-bangkitkan-pariwisata-kedua-daerahKegiatan Experience Semarang Getaway 2022 di Harper Hotel Yogyakarta beberapa waktu lalu. (muhammad zukhronnee ms/koranbernas.id)


Muhammad Zukhronnee Muslim
Sinergi Semarang dan Kota Jogja Bangkitkan Pariwisata Kedua Daerah

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Melonggarnya bermacam kebijakan syarat perjalanan dari pemerintah seiring menurunnya kasus Covid-19 di Indonesia, dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pelaku wisata di Indonesia, khususnya di kota yang merupakan urat nadi ekonomi berbasis pariwisata seperti Yogyakarta.

Pegiat wisata mengatur strategi terbaik untuk pulih setelah dua tahun lebih dihantam pandemi. Salah satunya adalah melakukan sinergi antar pelaku pariwisata antar daerah.

Pelaku pariwisata Kota Semarang dan Dinas Pariwisata Kota Semarang misal, melakukan kolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dan Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY).

Dalam hal ini, kolaborasi mengajak 50 potensial wisatawan (buyer) dari corporate, biro perjalanan, event organizer dari seluruh kota Jogja untuk bertemu seller dari Semarang yang terdiri dari Hotel, Resto, Tempat Wisata dan Pusat Oleh-oleh.

Mereka mengikuti rangkaian kegiatan Experience Semarang Getaway 2022 yang di selenggarakan di Harper Malioboro 24 Mei 2022.

Dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/5/2022), Plt Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Samsul Bahri, mengatakan pariwisata Kota Jogja sudah sangat maju, berbeda dengan Kota Semarang. Ia ingin berkolaborasi untuk saling meningkatkan pariwisata bersama.

"Experience Semarang Getaway 2022 menjadi pintu gerbang wisata Semarang dan mengajak Kota Jogja untuk berkolaborasi dalam bidang Pariwisata," kata dia.

Sementara Wahyu Hendratmoko, Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, menambahkan kegiatan yang menghadirkan 50 buyer Kota Jogja dan 25 seller dari Kota Semarang yang dapat berkolaborasi membangkitkan pariwisata kota Semarang dan Kota Jogja.

GKR Bendara, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah DIY, menyebut pariwisata bukan hanya simbol, tetapi industri yang mengajak berbagai elemen dari hotel, tour guide, transport, restoran dan berbagai kolaborasi insan pariwisata lainnya.

Acara ini didukung oleh Asita Jawa Tengah, Asita DIY, PHRI DIY, PHRI Jawa Tengah, PUTRI Jawa Tengah dan Tim Jogjavaganza Table Top. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini