Siskamling Efektif Antisipasi Teroris, Ini Caranya

159
Sejumlah aksi kepedulian dan keprihatinan atas aksi biadab terorisme di Jawa Timur dikumandangan dari Kabupaten Purworejo, Minggu (13/05/2018). (hery priyantono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purworejo, Ir Luhur Pambudi MM, menyerukan agar masyarakat Purworejo tak hanya membuat hastag #Kamitidaktakut dalam mensikapi tragedi berdarah yang dilakukan oleh kelompok teroris.

“Jangan cuma dengan kita bersikap menyatakan rasa tidak takut dan prhiatin saja. Mari kita lakukan sikap yang riil dan nyata dilapangan,” tegas Luhur kepada Koran Bernas, Senin (14/05/2018).

Dia menyebut, percuma saja kita membuat slogan-slogan menunjukkan ketidaktakutan kita terhadap terorisme tapi tidak ditindaklanjuti dengan langkah-langkah kongkrit.

“Melawan teroris tidak cuma dengan slogan-slogan saja. Mari kita tunjukkan aksi,” ajaknya.

Lalu aksi apa yang dimaui oleh pria yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Purworejo ini ? “Kita harus mencontoh para pahlawan kita, maksud saya kita contoh semangat tidak menyerah melawan penjajah dengan apa yang kita miliki. Apa itu ? Gotong royong dengan cara siskamling dengan menjaga wilayah masing-masing,” jelas Luhur.

Baca Juga :  Ini Cara Anak-anak Sambut Ramadan Ramah Lingkungan

Tak hanya itu, harus ada langkah yang kongkrit dari Pemerintah Kabupaten/Kotamadya untuk menggerakkan semangat persatuan dan kesatuan dengan cara meminta warga masyarakat untuk secara bergilir menjaga keamanan wilayah masing-masing.

Menurutnya, aksi bom teroris bukan kali ini saja, aksi serupa telah terjadi bertahun-tahun lamanya. “Dan jargon #KamiTidakTakut juga sudah lama kita kumandangkan,” sergahnya.

Para pemuda dan relawan harus berani turun dan ditempatkan di tempat-tempat ibadah utamanya tempat ibadah umat Nasrani dan di kantor-kantor polisi secara gotong royong.

Luhur menegaskan bahwa bangsa kita saat ini sedang diserang oleh kelompok yang namanya teroris. “Ini bukan tanggung jawab pemerintah saja, marilah kita rakyat ikut berjibaku melawan aksi terorisme dan radikalisme yang mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca Juga :  Sebagian Kaliurang Hujan Pasir

Sebelumnya, sejumlah aksi keprihatinan dan pernyatan sikap sejumlah organisasi kemasyarakatan, pemuda dan tokoh-tokoh Purworejo, telah digelar. Pada Minggu (13/05/2018) malam sekitar pukul 20.00 WIB di Kawasan Alun Alun Purworejo, juga dilaksanakan aksi yang sama. Pagi harinya, Hari Senin (14/05/2018) juga digelar aksi yang sama di Makodim 0708 Pamungkas setempat.(yve)