Sleman Gelar Pameran Potensi Daerah

110

KORANBERNAS.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman kembali menggelar kegiatan Pameran Potensi Daerah (PPD) 2018 di Lapangan Denggung pada 12 hingga 21 Juli 2018.

“PPD ini bertujuan untuk mengenalkan dan mempromosikan berbagai potensi daerah dan budaya yang terdapat di 17 kecamatan, produk unggulan UKM di Sleman,” kata Dra Tri Endah Yitnani MSi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, Rabu (11/07/2018).

Pameran ini juga untuk mengenalkan kinerja serta prestasi dan inovasi yang telah diraih kalangan pelaku usaha, pemerintah dan masyarakat di wilayah Kabupaten Sleman.

“Selain itu, PPD 2018 juga bertujuan untuk membangun citra Kabupaten Sleman sebagai daerah yang prospektif dan kondusif untuk investasi sekaligus untuk menguji kesiapan pelaku usaha, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sleman dalam mewujudkan Sleman sebagai Smart Regency pada 2021 untuk menghadapi pasar global, khususnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2020,” papar Tri Endah Yitnani.

Baca Juga :  Ternyata, RSUD Sleman Dulunya Klinik Pabrik Gula

Pada gelaran Pameran Potensi Daerah (PPD) 2018  bertema Sleman Kreatif Menuju Smart Regency ditampilkan produk-produk UMKM Sleman dan produk seni/budaya yang kreatif.

“Produk-produk UMKM yang tidak hanya kreatif dalam hal desain, tetapi juga kreatif kemasannya, metode pemasarannya, dan proses produksinya,” katanya.

Diharapkan UMKM mampu menampilkan sisi smart yang menjadi pembeda sekaligus keunggulan komparatifnya.

Smart yang dimaksud adalah cerdas dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk memperluas pasar, cerdas dalam menjalin networking dengan UMKM lain, komunitas, dan instansi pembina, serta cerdas dalam memanfaatkan peluang kerja sama untuk mempertahankan sustainability dan mengembangkan usaha yang berkelanjutan,” katanya.

Pameran  berlangsung sepuluh hari mulai 12 Juli sampai 21 Juli 2018 dengan jam operasional pukul 09:00 hingga 21:00 di Komplek Alun-alun Denggung dan Gedung Serbaguna Sleman.

Baca Juga :  Awas Hujan di Awal Musim Pancaroba

“Pembukaan pameran  dilaksanakan Kamis 12 Juli 2018 pukul 16:00 oleh Bupati Sleman, diawali dengan Sleman IKM Carnival (SIC) yang dimulai pukul 12:00 dengan start dari Lapangan Desa Sendangadi, Mlati dan berakhir di Lapangan Denggung,” katanya.

Karnaval diikuti oleh sekitar 18 sentra IKM Sleman, delapan asosiasi dan komunitas IKM Sleman, UNY serta marching band AMY dengan jumlah penampil Iebih dari 1.200 orang.

“Sleman IKM Carnival  memberikan penghargaan berupa uang pembinaan kepada penampilan terbaik, inovasi terbaik, dan koreografer terbaik dengan total nilai Rp 14 juta,” katanya. (sol)