Minggu, 11 Apr 2021,


smk-ar-rahmah-bantul-membuka-sekolah-gratisPembangunan asrama putri di Kompleks SMK Ar Rahmah, Kedungbule, Kalurahan Trimurti, Kapanewon Srandakan, Bantul. (istimewa)


Sariyati Wijaya
SMK Ar Rahmah Bantul Membuka Sekolah Gratis

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Pandemi covid-19 berdampak banyak bagi kehidupan masyarakat, termasuk menurunnya pendapatan. Banyak yang usahanya anjlok, bahkan gulung tikar. Begitu pun untuk pekerja, ada yang dirumahkan, bahkan ada yang di-PHK dari tempatnya mencari nafkah. Kondisi sulit ini tentu berimbas juga terhadap pendidikan anak.


Maka, untuk membantu mereka yang mengalami kesulitan ekonomi, SMK Ar Rahmah yang berlokasi di Dusun Kedungbule, Kalurahan Trimurti, Kapanewon Srandakan, Bantul, membuka sekolah gratis. Dari daya tampung 64 siswa (2 kelas), sekolah gratis diperuntukkan bagi 32 siswa atau separo dari kuota tersebut. Syarat  mendapatkan sekolah gratis adalah menyertakan Surat Keterangan Tidak mampu (SKTM), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan syarat formal lainya.


Semua informasi bisa dilihat melalui melalui https://www.smk-arrahmah.sch.id/2020/03/ppdb-20202021.html?m=1. Pendaftaran  dimulai Senin, 1 Februari mendatang hingga bulan Juli. Pendaftar bukan hanya dari DIY, namun juga diperbolehkan dari seluruh Indonesia.

“Silakan mendaftar di sekolah kami, karena ada kuota sekolah gratis untuk 32 anak,” kata Rahmat Jatmiko S.Pd, Kepala Sekolah SMK Ar Rahmah, kepada koranbernas.id di sekolah tersebut, Sabtu (30/1/2021). Bukan hanya gratis biaya sekolah, namun juga gratis biaya mondok selama 3 tahun.


Sementara untuk 32 siswa, biaya per bulan adalah Rp 650.000. Dengan biaya tersebut siswa mendapat fasilitas asrama, makan, listrik, air dan biaya sekolah.


Adapun sekolah yang bernaung di bawah yayasan Keluarga AR Fachrudin, Ketua PP Muhammadiyah periode 1968-1990, tersebut membuka jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ). 


Menurut Rahmat, sekolah yang dipimpinya tersebut memiliki banyak prestasi, baik di tingkat kapanewon, tingkat kabupaten Bantul, DIY bahkan nasional. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya piala, tropi dan penghargaan yang berjajar di sekolah tersebut.

Rahmat menambahkan, sekolah yang berdiri tahun 1980 tersebut memiliki 6 ruang kelas, 2 ruang laboraturium komputer, perpustakaan, kantor, kamar mandi, halaman luas, ekstra kurikuler dan fasilitas lainya. Juga ada fasilitas pondok. Khusus asrama putri, saat ini sedang proses penambahan bangunan.

Karena SMK Ar Rahmah  selain pendidikan formal juga berbasis pondok pesantren, maka siswa selain mendapatkan kecerdasan akademik juga mendapat pembekalan agama yang baik.

“Kami berharap lulusan dari SMK Ar Rahmah selain memiliki kecerdasan akademik, memiliki skill yang baik, juga memiliki bekal agama serta budi pekerti. Dengan demikian mereka bisa menjadi generasi harapan bangsa untuk turut membangun negara yang kita cintai ini,” katanya. (*)



SHARE

'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini