Selasa, 02 Mar 2021,

tak-ada-lagi-alasan-tidak-punya-maskerPetugas gabungan melaksanakan kegiatan sosialisasi mengena protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah di masa pandemi Covid-19. (istimewa)


Masal Gurusinga
Tak Ada Lagi Alasan Tidak Punya Masker

SHARE

KORANBERNAS.ID, KLATEN--Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diberlakukan pemerintah pusat dan daerah dalam rangka pengendalian penyebaran Covid-19, langsung ditindaklanjuti pengurus RW 6 Dukuh Jogosatron Desa Sabrang, Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten.

Bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa dan tokoh masyarakat, pengurus RW 6 menggelar kegiatan mengedukasi warga agar selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes). Seperti wajib memakai masker saat keluar rumah, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak.


Seperti yang dilakukan Sabtu (16/1/2021) pagi di wilayah RW 6. Pagi itu, petugas gabungan keliling kampung dan mendatangi rumah warga door to door. Mereka menyosialisasikan protokol kesehatan dan membagikan masker kepada warga.

“Virus ini tidak pandang umur. Semua bisa kena. Langkah antisipasi kami dengan mengedukasi warga agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan. Warga yang beraktivitas di luar rumah wajib pakai masker. Nantinya tidak ada lagi alasan tidak punya masker, masker basah karena dicuci dan lain sebagainya,” kata Ketua RW 6 Jogosatron, Subhan Hajadi.


Selain itu, dalam waktu dekat juga akan diterbitkan maklumat pemberlakuan jam malam, yang tujuannya memantau orang luar yang masuk kampung dan warga yang keluar tidak pakai masker.

“Maklumat itu akan di tempelkan di rumah warga dan di tempat strategis agar mudah dibaca,” ujar Didit, panggilan Subhan Hajadi.

Kegiatan yang dilakukan pengurus RW 6 Jogosatron didasari dengan rasa keprihatinan atas banyaknya warga di daerah lain yang suspek, terkonfirmasi positif Covid-19, bahkan meninggal dunia akibat Covid-19. Dari situlah pengurus RW 6 mengadakan pertemuan membahas langkah antisipasi yang harus dilakukan.

Kegiatan yang dilaksanakan Sabtu (16/1/2021) ini diapresiasi sejumlah warga. Terbukti ketika petugas keliling kampung dari ujung ke ujung nyaris tidak menemukan warga yang tidak memakai masker.

Tentu kesadaran warga akan arti pentingnya menaati protokol kesehatan sudah tinggi. Dan semua itu bisa terjadi karena kegiatan yang dilakukan petugas juga secara persuasif dan humanis.

Kiprah pengurus RW 6 Dukuh Jogosatron dan tokoh masyarakat dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 harus diapresiasi. Pasalnya kegiatan tidak hanya kali ini saja mereka lakukan.

Pada awal pandemi Covid-19 sekitar bulan Maret 2020 lalu, mereka juga dengan tanggap langsung menggelar kegiatan antisipasi yang melibatkan seluruh masyarakat. Kegiatan itu seperti bersih-bersih lingkungan, memasang fasilitas cuci tangan berikut sabun cuci di sejumlah tempat dan juga menerbitkan maklumat.

Kecamatan Delanggu merupakan satu dari sekian wilayah di Kabupaten Klaten yang jumlah kasus terkonfiirmasi positif Covid-19 cukup tinggi. Karenanya, tugas Satgas PP Covid-19 wilayah dari kecamatan, desa hingga RW harus ditingkatkan. Dan tentunya masyarakat juga harus mendukung dengan sadar akan arti pentingnya mematuhi protokol kesehatan. (*)

 

 



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini