terdampak-pandemi-7-paket-peningkatan-jalan-selesai-100-persenBupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. (istimewa)


Nila Hastuti
Terdampak Pandemi, 7 Paket Peningkatan Jalan Selesai 100 Persen

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN--Menjelang akhir tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Sleman telah merampungkan kegiatan peningkatan sejumlah ruas jalan. Dari total tujuh paket yang dianggarkan pada awal tahun, pengerjaannya telah rampung 100 persen.


Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyampaikan, total anggaran yang dikucurkan untuk peningkatan tujuh titik jalan tersebut mencapai Rp 30,552 miliar. Pengerjaannya telah dilakukan sejak Mei dan selesai September 2021 lalu.


“Alhamdulilah, peningkatan jalan tahun 2021 bisa dilaksanakan dan rampung 100 persen. Meskipun terkena dampak pandemi salah satunya pengurangan anggaran, kita masih bisa menyelesaikan infrastruktur untuk kenyamanan masyarakat,” kata Kustini, Jumat (26/11/2021).

Kustini menuturkan, panjang ruas jalan Kabupaten yang ditingkatkan pada tahun ini sudah mencapai 6,89 km. Jumlah tersebut meliputi ruas jalan di Kapanewon Kalasan 2 titik dan masing-masing 1 titik di Kapanewon Minggir, Tempel, Ngaglik, Cangkringan dan Prambanan.


“Kalau dilihat dari target awal, hasil capaiannya sangat bagus. Misalnya seperti di jalan Nandan-Krikilan di Ngaglik, dari target 0,90 km realisasinya bisa 1,20 km,” ungkap Kustini.

Kendati sudah seratus persen, Kustini menyebut masih ada sejumlah pekerjaan rumah yang nanti akan berusaha diselesaikan di tahun 2022. Data dari Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) menyebut masih ada sekitar 67,65 km jalan dengan kategori rusak ringan dan berat.

“Di Sleman saat ini jalan yang mantap dan layak mencapai 631,85 km dari 699,5 km total jalan yang dikelola Pemkab Sleman. Tapi ada beberapa ruas jalan yang masuk kategori rusak sekitar 9 persen. Baik itu rusak ringan atau berat akan tetap kita kerjakan dan kita akan kejar segera," terang Kustini.

Terpisah, Kepala DPUPKP Sleman Taupik Wahyudi menambahkan pada tahun 2022 mendatang ada tujuh paket yang akan dikerjakan.

“Tahun depan ada sekitar tujuh paket. Dari dana APBD itu sekitar 17,4 miliar untuk 3 paket pekerjaan dan 29 miliar dari DAK untuk empat paket pekerjaan,” tambah pria yang akrab disapa Dwi tersebut.

Untuk diketahui, jalan yang telah ditingkatkan pada tahun 2021 meliputi jalan Glondong-Tegalrejo di Kapanewon Kalasan sepanjang 1,725 km, jalan Sumber-Kwayuhan di Kapanewon Minggir sepanjang 1,015 km, jalan Kemusuh-Seyegan di Kapanewon Tempel, Seyegan sepanjang 0,808 km, jalan Ledoksari-Lengkong di Kapanewon Prambanan mencapai 0,9087 km, jalan Karangkalasan-Salakan di Kapanewon Kalasan mencapai 1,00 km, jalan Nandan-Krikilan di Kapanewon Ngaglik mencapai 1,20 km dan jalan Watuadeg-Plosorejo di Kapanewon Cangkringan sepanjang 0,977 km. (*)

 

 


TAGS: kustini  jalan  pandemi 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini