Selasa, 02 Mar 2021,

the-westlake-resort-yogyakarta-tanam-pohon-langka-kegemaran-putri-keratonMuhamad Renzo, GM The Westlake Resort Yogyakarta, beserta staf saat menanam pohon Kepel. (istimewa)


Siaran Pers
The Westlake Resort Yogyakarta Tanam Pohon Langka Kegemaran Putri Keraton
Gerakan Sejuta Pohon Sedunia
SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Tanggal 10 Januari selalu diperingati sebagai Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia. Peringatan ini mengajak semua pihak untuk terus melestarikan pohon. Sebab, pohon memiliki andil berarti dalam kehidupan manusia.

Proses fotosintesis menjadi komponen alami yang sangat penting bagi pertumbuhan manusia. Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia menjadi pengingat bagi semua pihak agar selalu memiliki kesadaran untuk melestarikan dan melakukan gerakan penyelamatan pohon di lingkungan sekitar.

  • Tangkal Hoaks, GRJ Siap Menangkan Jokowi-Amin

  • The Westlake Resort Yogyakarta juga turut berpartisipasi dalam  Gerakan Sejuta Pohon Sedunia dengan menanam pohon Kepel (Stelechocarpus burahol) di area The Westlake Resort Yogyakarta pada hari Selasa, 12 Januari 2021.  

    Kepel adalah nama sebuah pohon berbuah yang dipercaya memiliki makna istimewa bagi Daerah Istimewa Yogyakarta sehingga digunakan sebagai identitas/pohon khas di Yogyakarta. Makna dari Kepel dalam Bahasa Jawa adalah genggaman tangan manusia yang berarti greget atau niat dalam bekerja.


    Pohon Kepel adalah tanaman yang sering ditanam dan dirawat di halaman keraton. Buah Kepel dipercaya memiliki berbagai khasiat untuk kecantikan. Buah Kepel sejak dulu dijadikan penghilang bau badan oleh para putri keraton. Buah ini juga dijadikan pewangi badan, bahkan dikatakan membuat keringat dan nafas menjadi wangi.

    Buah kepel dulunya hanya ditanam di lingkungan keraton dan tidak ditanam di rumah-rumah rakyat lainnya. Hal inilah yang membuat saat ini tanaman Kepel menjadi tanaman langka hingga saat ini.

    Selain menanam pohon kepel, pihak management juga membagikan bibit tanaman ke seluruh tamu The Westlake Resort Yogyakarta, dengan harapan tamu yang mendapatkan bibit tanaman dapat turut serta membagikan pesan untuk terus serta melestarikan pohon. (*)



    SHARE
    '

    BERITA TERKAIT

    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini