Selasa, 02 Mar 2021,

tidak-semua-orang-bisa-disuntik-vaksin-jawab-dulu-16-pertanyaanSimulasi skrining kesehatan calon penerima vaksin Covid-19 di Puskesmas Pejagoan Kebumen. (istimewa)


Nanang W Hartono
Tidak Semua Orang Bisa Disuntik Vaksin, Jawab Dulu 16 Pertanyaan

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Ternyata tidak semua orang berumur 9-59 tahun bisa menerima suntikan vaksin Covid-19. Ada sejumlah kondisi yang menyebabkan seseorang tidak dapat diberikan vaksin Covid-19.

Sebagaimana informasi yang disampaikan Dinas Kesehatan Kebumen, Rabu (13/1/2021), saat skrining sebelum vaksinasi Covid-19, paramedis akan menanyakan 16 pertanyaan. Dari 13 pertanyaan, jika salah satu  pertanyaan jawabannya “ya” maka vaksinasi tidak dapat diberikan.


Ke-13 pertanyaan itu adalah, apakah pernah terkonfirmasi Covid-19, sedang hamil atau menyusui, mengalami gejala ISPA, seperti batuk, pilek, sesak nafas dalam tujuh hari terakhir.

Apakah ada anggota keluarga serumah yang kontak erat, suspek, konfirmasi sedang dalam perawatan karena penyakit Covid-19, apakah memiliki alergi berat, mengalami gejala sesak nafas, bengkak dan kemerahan setelah divaksinasi sebelumnya.


Pertanyaan lain yang mesti dijawab sebenarnya, apakah sedang menjalani terapi aktif jangka panjang terhadap kelainan darah.

Kemudian, apakah menderita gagal jantung, jantung koroner. Apakah menderita penyakit autoimun sistemik, apakah menderita penyakit ginjal, kronis/sedang menjalani hemodialisis, apakah menderita penyakit reumatik autoimun, apakah menderita penyakit pencernaan kronis, apakah menderita penyakit hipertiroid, apakah menderita penyakit kanker, kelainan darah, imunikompromais dan penerima produk darah atau transfusi.

Syarat lain, seseorang bisa diberi vaksinasi jika tekanan darahnya tidak lebih dari 140/90. Jika melampaui angka itu, vaksinasi tidak dapat diberikan.

Pertanyaan-pertanyaan ini disampaikan setelah calon penerima vaksinasi Covid-19 terdaftar.Pelaksanaan skrining kesehatan salah satu dari empat tahapan vaksinasi Covid-19. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini