Sabtu, 24 Okt 2020,


tiga-calon-bakal-bertarung-untuk-jabatan-ketua-pwi-jatengAmir Machmud (paling kanan, kaos coklat lengan panjang), diantar pendukungnya mendaftar sebagai Ketua PWI Jateng periode 2020-2025. (bekti maharani/koranbernas.id)


B Maharani

Tiga Calon Bakal Bertarung untuk Jabatan Ketua PWI Jateng


SHARE

KORANBERNAS.ID, SEMARANG -- Panitia Konferensi PWI provinsi (Konferprov) Jawa Tengah telah menerima pendaftaran calon Ketua PWI Jateng periode 2020-2025 sebanyak tiga orang hingga hari terakhir, Sabtu (12/0/2020).

Dua kandidat, Amir Machmud NS dan Gunawan Permadi, bakal kembali bertarung dalam pemilihan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Jawa Tengah pada Konferprov PWI Jateng yang berlangsung pada 18-19 September 2020 di Semarang.


Baca Lainnya :

Selain Amir dan Gunawan, anggota PWI Jateng, Sugayo, juga mencalonkan diri sebagai pendaftar yang terakhir. Kendati demikian, berdasarkan peta dukungan, perebutan suara akan mengerucut pada Amir dan Gunawan.

Amir Machmud sebagai Ketua PWI Jateng periode 2015-2020, memiliki dukungan luas dari berbagai daerah dan pengurus aktif PWI Jateng serta PWI kabupaten dan kota.

Sementara itu, Gunawan yang pada Konfeprov PWI Jateng 2015 menjadi rival Amir, juga mempunyai dukungan dari sejumlah daerah serta anggota PWI yang bekerja di Suara Merdeka, media tempat Gunawan menjadi pemimpin redaksi.

Seusai mendaftar ke panitia Konferprov, Amir menyatakan selama 5 tahun kepemimpinannya sudah berusaha optimal meningkatkan kompetensi anggota PWI Jateng. "Sampai sekarang PWI Jateng sudah menyelenggarakan 16 kali Uji Kompetensi Wartawan tanpa memungut biaya peserta," ujarnya.

Padahal, katanya, biayanya mahal. Beberapa provinsi memungut biaya, namun PWI Jateng dibawah kepemimpinannya bisa kerja sama dengan pemangku kepentingan dan mitra untuk mengadakan UKW tanpa biaya.


Baca Lainnya :

Agenda-agenda besar seperti HPN juga berhasil dilaksanakan dengan baik dan sukses. "Kecuali HPN 2020 yang direncanakan di Kudus, tidak bisa dilaksanakan karena pandemi Covid-19," tambah Amir.

Ia menegaskan komitmennya ke depan akan terus meningkatkan kapasitas profesional anggota dengan bekerja keras dan ikhlas.

Jangan mencari hidup di PWI

"Hidup-hidupilah PWI dan jangan mencari hidup di PWI," kata Amir mengaktualisasikan pesan pendiri Muhammadiyah K.H. Ahmad Dahlan yang menyatakan, "Hidup-hidupilah Muhammadiyah. Jangan mencari hidup di Muhammadiyah."

Amir, mantan Pemimpin Redaksi Suara Merdeka dan dosen sejumlah perguruan tinggi tersebut, menegaskan bahwa PWI Jateng tetap akan menjadi rumah besar bagi anggota untuk meningkatkan kapasitas diri.

Selama memimpin PWI Jateng, Amir dikenal akomodatif terhadap berbagai kalangan, termasuk merangkul sejumlah anggota yang menjadi tim sukses rivalnya dalam Konferprov PWI Jateng 2015 untuk dimasukkan dalam kepengurusan periode 2015-2020, termasuk Gunawan Permadi.

Selain itu, kolumnis dan penulis berbagai buku jurnalisme tersebut juga memiliki jaringan luas, termasuk di kalangan pemerintah tanpa mencederai profesionalismenya sebagai wartawan.

Sementara itu, Sugayo menyatakan niat mencalonkan diri untuk membuktikan bahwa ada wartawan yang layak untuk maju dalam kontestasi Ketua PWI Jateng.

Gunawan Permadi mendaftarkan pada Kamis (10/9/2020). Dalam struktur kepengurusan PWI Jateng 2015-2020, Gunawan menjabat Wakil Ketua Bidang Organisasi.

Konferprov PWI Jateng pada masa pandemi Covid-19 ini akan berlangsung dalam dua platform, yakni digital dan tatap muka. Pada hari pertama (18/9/2020) akan menggunakan platform Zoom yang bisa diikuti semua anggota pemilik suara.

Sedangkan pada konferensi tatap muka pada 19 September 2020, panitia hanya mengakomodasi kehadiran maksimal 40 orang pembawa mandat.

"Pembatasan kehadiran di lokasi Konferprov di Gedung B Pemprov Jateng tersebut mematuhi protokol kesehatan ketat seperti disyaratkan oleh pengelola gedung," kata Achmad Ris Ediyanto, Ketua Panitia Konferprov PWI Jateng. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini