Senin, 06 Des 2021,


tiga-sutradara-andal-ini-membuat-film-pendek-hanya-dengan-gadgetTiga sutradara kondang asal Indonesia seperti Garin Nugroho, Jay Subiyakto, dan Riri Riza menampilkan hasil film pendek mereka, Jumat (22/10/2021). (istimewa)


Yvesta Putu Ayu Palupi
Tiga Sutradara Andal Ini Membuat Film Pendek Hanya dengan Gadget

SHARE

KORANBERNAS.ID,YOGYAKARTA--Teknologi gadget saat ini membuat banyak hal dimudahkan. Termasuk dalam membuat film yang tak perlu menggunakan properti yang beragam.


Adalah tiga sutradara kondang asal Indonesia seperti Garin Nugroho, Jay Subiyakto dan Riri Riza yang membuat tiga film pendek menggunakan gadget. Berkolaborasi dengan OPPO CineFinders, ketiganya membuat film berdurasi 7-15 menit berjudul “Siklus”, “Dedari” dan “You and Me in Low Angle” yang keseluruhan pengambilan gambarnya menggunakan OPPO Find X3 Pro 5G.


Garin Nugroho dalam peluncuran film secara daring, Jumat (22/10/2021) mengungkapkan, pandemi ini mengharuskan para sineas memanfaatkan teknologi sebaik mungkin dalam berkarya. Termasuk dalam memproduksi film profesional menggunakan smartphone.

“Tantangan utamanya adalah bagaimana mengemas kisah dan menjabarkannya melalui smartphone, serta platform apa yang paling sesuai untuk menikmati film ini dengan teknologi yang mampu mengambil gambar lebih lebar dan sangat detail sekalipun dalam format vertikal sehingga mampu menghasilkan karya berkualitas,” paparnya.


Dalam filmnya, Garin Nugroho mempersembahkan film pendek “Siklus” dengan format berbeda yaitu vertikal. Film ini berkisah tentang seorang gadis penari yang menemukan benda-benda misterius dan melahirkan spirit koreografi baru. Film ini dapat disimak di Youtube OPPO Indonesia pada 27 Oktober 2021 mendatang.

Sementara Riri Riza mengutarakan, iInovasi adalah unsur penting baginya. Seperti halnya ketika dia harus mengikuti perkembangan teknologi di industri perfilman.

Kemajuan teknologi adalah sebuah peluang dengan memaksimalkannya sebagai pendamping dan menyempurnakan karya yang saya produksi. OPPO Find X3 Pro 5G memiliki resolusi tinggi layaknya kamera profesional, membuatnya sebagai perangkat rekam gambar yang ideal untuk pembuatan film.

“Kecanggihan fitur dibuktikan ketika saya menangkap proses transisi waktu dari sore menuju malam dan gambar pada malam hari dengan minim cahaya yang ditampilkan secantik aslinya,”jelasnya.

Riri Riza dalam filmmya bercerita tentang seorang gadis yang selalu memandang segala sesuatu dari low angle di film “You and Me in Low Angle”. Film ini dapat dinikmati pada 31 Oktober 2021.

Jay Subiyakto menambahkan, filmnya mengangkat budaya Bali melalui film “Dedari” yang menceritakan tarian Sanghyang Dedari asal Pulau Dewata. Tarian ini tergolong sakral dan dianggap sebagai tarian penolak bala atau wabah penyakit.

Fitur-fitur andalan membantunya dalam menangkap obyek bergerak dengan fokus yang cepat.Sehingga memungkinkan mengambil gambar dari sudut pandang yang lebih beragam. Ketika harus mengambil momen yang dia inginkan dalam proses tarian sakral Sanghyang Dedari dalam 1 kali take, dia menggunakan lima unit OPPO Find X3 Pro 5G sekaligus untuk stok gambar.

“Hasilnya sangat mengagumkan karena kelimanya menunjukkan keakuratan warna yang sama, sebuah keunggulan dari fitur 1 Billion Colour. Sebagai seorang seniman, sangatlah penting untuk menghasilkan karya yang otentik,” jelasnya.

Chief Creative Officer OPPO Indonesia, Patrick Owen, mengungkapkan, pihaknya sangat bangga dapat menggandeng tiga sutradara andal Indonesia sebagai OPPO CineFinders.Ketiganya membuktikan rangkaian fitur canggih OPPO Find X3 Pro 5G dalam produksi karya film pendek eksklusif mereka.

“Bagi mata pembuat film, kemampuan perangkat dalam menangkap detail gambar dan menampilkan warna yang kaya memegang peranan penting dalam menerjemahkan esensi cerita yang ingin disampaikan,” imbuhnya.(*)

 

 



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini