tingkatkan-interaksi-pembelajaran-mercu-buana-gelar-pelatihan-software-designPelatihan Software Design pembelajaran interaktif canva oleh UMBY. (istimewa)


Sariyati Wijaya
Tingkatkan Interaksi Pembelajaran, Mercu Buana Gelar Pelatihan Software Design

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA--Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menggelar Pelatihan Software Design Pembelajaran Interaktif Canva di PAUD/TKIT “Mekar Insani” Kalurahan Suryodiningratan Mantrijeron Kota Jogja.


Dalam rilis yang dikirim ke redaksi koranbernas.id, Jumat (1/7/2022) Kepala Humas UMBY, Widarta MM mengatakan, pelatihan diikuti oleh 14 guru/staf PAUD TKIT “Mekar Insani”. Pelatihan ini dimotori oleh Arita Witanti, M.T dari Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UMBY bekerjasama dengan Kepala Sekolah PAUD/TKIT “Mekar Insani”, Ustadzah Zenny Savitri, S.IP.


Selain Arita sebagai ketua, TPM Mercu Buana beranggotakan Dr Triana Noor Edwina Dewayani Soeharto dari Fakultas Psikologi serta Supatman, M.T dari Fakultas Teknologi Informasi. “Kegiatan pelatihan ini adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat dan telah digelar pada Selasa (28/6/2022) lalu. Kegiatan mendapat sambutan positif dari peserta,”kata Widarta.

Kegiatan bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh TKIT “Mekar Insani”, yaitu tantangan guru untuk memberikan pembelajaran interaktif baik dalam kondisi online ataupun offline terbatas di masa new normal pasca pandemi.


“Guru dituntut untuk bisa menyiapkan media pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan karena keterbatasan interaksi,”kata Widarta.

Pelatihan software design pembelajaran interaktif canva adalah salah satu solusi untuk pembelajaran online maupun offline.

Dukungan pembelajaran interaktif memerlukan software design untuk menyiapkan media pembelajaran yang menarik dan interakti. Selain itu juga mendukung pembuatan leaflet, banner, jadwal, pengumuman, dan lainya. Selain pelatihan, PAUD TKIT “Mekar Insani” juga akan dilanggankan aplikasi canva pro yang sangat memudahkan proses pembuatan design pembelajaran.

Ustadzah Zenny Savitri menyampaikan rasa terima kasih kepada tim PKM UMBY karena telah memberikan pelatihan software design pembelajaran interaktif canva di PAUD/TKIT “Mekar Insani”.

“Semoga pelatihan ini bermanfaat untuk guru-guru dalam menyiapkan media pembelajaran yang menarik dan interaktif di TA 2022/2023 ini,”kata Ustadzah Zenny.

Sementara Arita menambahkan untuk kegiatan PKM selanjutnya di TA 2022/2023 ini adalah kajian parenting orang tua dan guru dari sisi psikologis. “Tujuanya untuk meningkatan pengetahuan tentang pembelajaran interaktif guru dengan siswa,”katanya.

“Agar tercipta kenyamanan belajar bagi siswa, perlu adanya bekal pengetahuan pada guru dan orang tua di PAUD/ TKIT “Mekar Insani”,”katanya.

Dan kegiatan akan diinisia oleh Dr Triana Noor Edwina Dewayani Soeharto dan Supatman,MT. “Semoga pengabdian yang kami lakukan ini memberikan manfaat bagi masyarakat secara luas,”imbuh Arita. (*)

 

 



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini