Selasa, 05 Jul 2022,


tni-bantu-20-nakes-vaksinator-untuk-kulonprogoDandim 0731 Kulonprogo, Letkol Inf Yefta Sangkakala, saat memberi pengarahan kepada 20 Nakes TNI yang diperbantukan untuk vaksinasi di Kulonprogo. (istimewa)


Anung Marganto
TNI Bantu 20 Nakes Vaksinator untuk Kulonprogo

SHARE

KORANBERNAS.ID, KULONPROGO -- Pemkab Kulonprogo mendapatkan bantuan 20 personel tenaga kesehatan (Nakes) dari TNI. Personel tersebut bagian dari 122 nakes Prajurit Siswa Pa PK TNI Khusus Tenaga Kesehatan untuk ditempatkan di lima wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta.


Pengiriman Nakes tersebut sesuai dengan pernyataan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, saat memimpin rapat penanganan Covid-19 di Kantor Pemkab Bantul, Minggu (8/8/2021) lalu, untuk memberikan dukungan penambahan Nakes di 5 wilayah tersebut. Para Prajurit Siswa Pa PK TNI tersebut diberangkatkan dengan menggunakan dua pesawat Hercules C130 TNI AU dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (9/8/2021).


Dandim 0731 Kulonprogo, Letkol Inf Yefta Sangkakala, melalui sambungan telepon, Rabu (11/8/2021), mengatakan Kabupaten Kulonprogo mendapatkan 20 nakes terdiri dari siswa Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karir (Dikmapa), meliputi  dokter umum 13 orang, dokter gigi 2 orang, apoteker 2 orang, elektro medis 1 orang, analis 1 orang dan rekam medis 1 orang.

“Bantuan SDM Nakes dari TNI terdiri dari  Angkatan Darat (10 personel), Angkatan Laut (8 personel), Angkatan Udara (2 personel), diperuntukkan membantu Pemkab Kulonprogo dalam program vaksinasi Covid-19. Jadi hanya vaksinatornya saja,” kata Yefta.


"Dalam program ini kami telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kulonprogo untuk membatu vaksinasi di wilayah Kulonprogo. Adapun teknis sudah kami serahkan kepada Lettu Rendra, Letda Edwin, Serda Sena,” lanjutnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo, Baning Rahayujati, yang dihubungi melalui telepon, Rabu (11/8/2021), membenarkan bahwa Pemkab Kulonprogo mendapatkan bantuan Nakes dari TNI. Nakes tersebut sebagai upaya dari TNI untuk membantu Pemkab Kulonprogo yang masih kekurangan sumber daya manusia dalam penanganan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Kulonprogo.

“Nakes dari TNI telah kami tempatkan di 12 kapanewon. Jadi koordinasi semuanya bersama Pak Panewu untuk program vaksinasi Covid-19 tersebut,” kata Baning.

Wakil Bupati Kulonprogo, Fajar Gegana, yang sekaligus Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kulonprogo, memberikan apresiasi dan terimakasih serta penghargaan yang tinggi kepada TNI. “Saya juga mengucapkan terimakasih kepada perwira siswa yang ikut membantu rakyat Kulonprogo dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Negara sangat membutuhkan tenaga serta dedikasi Pa PK TNI karena sebagai  garda terdepan dalam menghambat laju penularan Covid-19 di Kulonprogo,” ujarnya. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini