Selasa, 05 Jul 2022,


tni-dan-polri-telusuri-kontak-erat-pakai-aplikasi-silacakKapolres Purworejo AKBP Rizal Marito SIK SH MSi. (wahyu nur asmani ew/koranbernas.id)


Wahyu Nur Asmani EW
TNI dan Polri Telusuri Kontak Erat Pakai Aplikasi Silacak

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- Guna melakukan penelusuran pasien positif Covid-19, TNI dan Polri memakai aplikasi Silacak. Sesuai namanya, aplikasi ini untuk melacak pasien terkonfirmasi positif Covid-19.


Petugas Silacak adalah seluruh anggota Bhabinkamtibmas Polres Purworejo, Babinsa Kodim 0708 Purworejo dan tenaga kesehatan.


Mereka melakukan penelusuran kontak erat pasien terkonfirmasi positif untuk melakukan tracing dengan mengoptimalkan penggunaan aplikasi tersebut.

Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito SIK SH MSi mengatakan, aplikasi Silacak mulai digunakan untuk pelaporan hasil penelusuran kontak erat sejak akhir Juli 2021.


“Sistem pelaporan digital, semua hasil penelusuran dikirimkan lewat aplikasi ke pusat data Kementerian Kesehatan,” ujarnya kepada koranbernas.id, Jumat (6/8/2021), di ruang kerjanya.

Penerapan Silacak, kata Kapolres, sama dengan penelusuran kontak yang sudah dilaksanakan secara manual oleh petugas. Pemerintah melakukan optimalisasi dengan menelusuri minimal 15 kontak erat pasien terkonfirmasi Covid-19.

Kontak erat diajak untuk mau menjalani tes swab antigen. “Jika ada yang hasilnya positif, yang bersangkutan kita gali informasinya, dicari lagi 15 orang kontak erat pasien tersebut,” ucapnya.

Pasien bergejala berat diarahkan mendapatkan perawatan di rumah sakit, sedangkan gejala ringan dan tanpa gejala melakukan isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis. Bhabinkamtibmas juga membantu upaya pengawasan.

Menurutnya, penelusuran dan penanganan dilakukan untuk memutus rantai penularan Covid-19. “Tentu penelusuran tetap mengandung risiko bagi petugas untuk tertular, tapi inilah ikhtiar kita memutus rantai penularan Covid-19. Maka kami selalu ingatkan petugas di lapangan untuk waspada dengan menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak,” terangnya.

Kapolres juga mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat. “Upaya pemerintah menanggulangi Covid-19 akan sia-sia jika masyarakat tidak mau turut serta meningkatkan kedisiplinan dalam penerapan prokes,” tandasnya. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini