Tokopedia Gencarkan Digitalisasi Pasar Tradisional, Termasuk di Yogyakarta

Tokopedia Gencarkan Digitalisasi Pasar Tradisional, Termasuk di Yogyakarta

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Tokopedia membantu perkembangan pegiat usaha di Indonesia khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal. Langkah ini ditempuh melalui inisiatif Hyperlocal demi membantu pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi sekaligus mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.

Salah satu turunan inisiatif tersebut adalah Program Pasar Digital. Sejak  diluncurkan April 2020 program tersebut gencar dilaksanakan pada berbagai daerah.

Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan, mengungkapkan digitalisasi pasar tradisional merupakan salah satu wujud inisiatif Hyperlocal Tokopedia untuk meningkatkan daya saing para penjual di pasar tradisional berbagai daerah melalui pemanfaatan teknologi.  “Ini diharapkan bisa memberikan kontribusi bagi perekonomian daerah,” ungkapnya, Selasa (3/8/2021).

Dalam pelaksanaannya, Emmir dan tim berkolaborasi dengan Kementerian Perdagangan RI maupun pemerintah daerah untuk memberikan pendampingan dan edukasi yang intensif kepada pengurus pasar maupun koperasi pasar dalam berbagai bentuk serta menyediakan wadah untuk saling berbagi dan bertukar informasi.

Saat ini, tujuh pasar digital telah bergabung di Tokopedia. Antara lain Pasar Cikurubuk Tasikmalaya, Pasar Sabilulungan Kabupaten Bandung, Pasar Cihapit Kota Bandung, Pasar Beringharjo  Yogyakarta, Pasar Anyar Tangerang serta Pasar Kampung Baru dan Pasar Pa'baeng-baeng Timur Makassar.

Dia mencontohkan,  sejak diluncurkan November 2020, Pasar Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka, telah menyokong ratusan pedagang setempat yang terdampak pandemi. Sedangkan, sejak bergabung dengan Tokopedia pada April 2020, perlahan jumlah produk terjual di Pasar Cikurubuk Online hampir mencapai 40 ribu produk.

Khusus layanan di Pasar Beringharjo di Yogyakarta yang baru diluncurkan Juni 2021 di sisi lain telah memfasilitasi puluhan pedagang pasar berjualan melalui pemanfaatan platform Tokopedia di tengah pandemi.

Sementara Pasar Kampung Baru dan Pasar Pa'baeng-baeng Timur di Makassar yang diluncurkan Juli 2021 pun juga telah mengakomodir puluhan pedagang.

Ke depan, Emir mengatakan, Tokopedia akan memperbanyak kerja sama dengan pemerintah daerah di berbagai penjuru Indonesia untuk mendigitalisasi berbagai pasar tradisional, “Yang akan diwujudkan dalam waktu dekat adalah digitalisasi pasar tradisional di Provinsi Jawa Timur dan Bali,” ucapnya.

Tokopedia merupakan perusahaan teknologi Indonesia yang memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Adapun visinya membangun sebuah Super Ecosystem, siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment serta Mitra Tokopedia. (*)