Umbul Pluneng Digelontor Rp 2 Miliar

323
Obyek wisata Umbul Pluneng di Desa Pluneng Kecamatan Kebonarum Klaten. (masal gurusinga/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten tahun ini menggelontorkan dana Rp 2 miliar ke obyek wisata Umbul Pluneng di Desa Pluneng Kecamatan Kebonarum.

Dana tersebut akan digunakan memperluas kawasan wisata yang sering dijadikan tempat latihan renang Brimob Polda DIY dan TNI itu.

Kepala Desa Pluneng, Wahyudi, mengatakan perluasan kawasan obyek wisata Umbul Pluneng dilakukan ke arah tanah kas desa yang ada di sebelahnya.

“Di sebelah umbul ini ada tanah kas desa seluas 3.800 meter. Di sana nanti dijadikan water park,” katanya kepada koranbernas.id, Jumat (18/05/2018).

Dia menambahkan, DED (Detail Engineering Design) dan RAB (Rancangan Anggaran Belanja) untuk kegiatan itu telah dibuat dan dalam waktu dekat diharapkan bisa dimulai pelaksanaannya.

Baca Juga :  Air PDAM Empat Hari Tak Mengalir

“Prinsip kami tidak untuk memperkaya desa tetapi bagaimana memberdayakan masyarakat,” jelasnya.

Direktur BUMDes Tirta Sejahtera selaku pengelola Umbul Pluneng, Agus Haryanto, menjelaskan Umbul Pluneng merupakan obyek wisata air yang harus dikembangkan dan dikelola dengan baik. Sebab pengunjung yang datang tidak hanya dari Klaten saja.

“Dari Jogja perorangan dan  kelompok juga banyak yang datang ke sini. Yang rutin datang rombongan dari Polda DIY dan Batalyon 403 Yogyakarta. Mereka datang latihan renang dan tradisi kenaikan pangkat,” kata Agus.

Sedangkan pengunjung dari wilayah Klaten rata-rata dari Prambanan, Karangnongko dan wilayah utara seperti Kecamatan Kemalang.

Pada hari biasa jumlah pengunjung sekitar 300 hingga 400 orang, Sabtu sekitar 600 pengunjung dan Minggu mencapai 1.000 orang dengan tiket masuk Rp 5.000 per pengunjung.

Baca Juga :  Maguwoharjo Kini Punya Pasar Ikan

Selain kolam renang untuk dewasa dan anak-anak, fasilitas di obyek wisata Umbul Pluneng juga ada ruang ganti, mushala, kolam pancingan dan pembesaran.

Setidaknya ada 3 kolam untuk pancingan dan 1 kolam pembesaran yang bisa menyemarakkan obyek wisata itu.

Umbul Pluneng dikenal umbul yang cukup tua di Kabupaten Klaten. Kebeningan airnya dan debit air 40 liter per detik menjadikan umbul ini banyak dikunjungi orang.

Meski sudah banyak yang berkunjung namun Pemdes Pluneng dan BUMDes Tirta Sejahtera terus berupaya mengembangkan kawasan itu di tahun-tahun mendatang. (sol)