Verifikasi Selasa, Parpol Lama mulai Ketar-Ketir

144
Sosialisasi verifikasi faktual partai politik KPU Kota Yogyakarta, Sabtu (27/01/2018). (rosihan anwar/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta akan melakukan verifikasi kepada seluruh parpol di Kota Yogyakarta. Seluruh parpol yang akan mengikuti pemilu legislatif 2019 akan dilakukan verfikasi pleh KPU Kota Yogyakarta.

Proses verifikasi untuk 15 partai politik itu dilakukan dalam kurun waktu tiga hari mulai 30 Januari – 1 Februari 2018. Ketua KPU Kota Yogyakarta Wawan Budiyanto menyatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada seluruh partai politik untuk menindaklanjuti hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mewajibkan penyelenggara pemilu melakukan verifikasi faktual kepada seluruh partai peserta pemilu.

“Sabtu (27/01/2018) kemarin kita sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh partai untuk menindaklanjuti hasil putusan Mahkamah Konstitusi terkait verifikasi faktual partai politik,” ujar Wawan, Senin (29/01/2018) siang, di Kantor KPU Kota Yogyakarta.

Lebih lanjut Wawan Budiyanto menerangkan, dari 15 partai politik yang diverifikasi, 12 parpol di antaranya merupakan parpol peserta pemilu 2014 dan tiga partai lainnya adalah partai baru yang mendaftar di tahun lalu. Oleh sebab itu, Wawan menyebutkan verifikasi yang dilakukan berbeda antara partai lama dan parpol baru.

Baca Juga :  Reformasi Birokrasi Tingkatkan Keunggulan Kampus

“Untuk 12 parpol peserta pemilu 2014, verifikasi meliputi rmpat komponen, yaitu kepengurusan, kantor, keterwakilan 30 persen perempuan, dan (verifikasi) keanggotaan lima persen dari jumlah yang memenuhi syarat,” kata Wawan.

Parpol lama yang sebelumnya nyaman karena tidak harus ikut verifikasi, kini mulai ketar-ketir. Sesuai dengan hasil putusan MK, verifikasi harus dilakukan secara adil, termasuk terhadap partai-partai lama.

“Kita akan mulai setiap hari lima partai yang akan kita sambangi ke kantor mereka masing-masing,” ucapnya.

Menariknya, KPU Kota Yogyakarta akan menyambangi setiap kantor partai yang ada. Hal ini berbeda jika dibandingkan verifikasi sebelumnya, di mana pengurus partai datang ke Kantor KPU dengan membawa berkas administrasi yang dipersyaratkan.

Baca Juga :  Help Desk Angkasa Pura Dengar Suara Sekecil Apapun

“Kita sudah membentuk lima tim yang akan datang ke setiap kantor partai. Setiap hari kami jadwalkan verifikasi terhadap lima partai,” tegasnya.

Sesuai dengan hasil putusan Mahkamah Konstitusi MK Nomor 53/PUU-XV/2017, partai politik calon peserta pemilu 2019 seluruhnya harus dilakukan verifikasi factual. Verifikasi itu untuk memberi rasa keadilan bagi seluruh partai politik, baik parpol lama maupun parpol baru.

“Sedangkan untuk tiga partai baru yaitu Partai Garuda, Berkarya dan PSI, hanya akan dilakukan verifikasi keanggotaan. Hal ini karena yang lainnya sudah dilakukan verifikasi di tahapan sebelumnya, dan hanya tentang keanggotaan saja yang belum,” tandas Wawan. (yve)