Selasa, 05 Jul 2022,


wabup-sleman-tekankan-pentingnya-pendidikan-politik-bagi-milenialWakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, ketika menjadi pembicara pada seminar bersama Forum Komunikasi Antar Partai (FKAP), Selasa (15/2/2022). (istimewa)


Nila Hastuti
Wabup Sleman Tekankan Pentingnya Pendidikan Politik bagi Milenial

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN -- Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, menjadi pembicara pada acara seminar bersama Forum Komunikasi Antar Partai (FKAP), Selasa (15/2/2022), di Hotel Bueno Colombo, Jalan Solo, Kalasan, Sleman. Acara yang diinisiasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sleman ini mengangkat tema “Strategi Pendidikan Politik bagi Generasi Milenial”.


Danang mengapresiasi dan menyambut baik diadakannya seminar bersama FKAP ini. Sebab, menurutnya, pendidikan politik sangat penting diberikan kepada generasi milenial pada saat ini. Dengan pendidikan politik, anak muda dapat belajar tentang pola kerja sama, bersikap toleransi, loyalitas terhadap bangsa dan negara, dan bersikap sportif demi kesejahteraan masyarakat.


“Pendidikan politik juga penting untuk membangkitkan kesadaran berpolitik, rasa etika politik, dan tanggungjawab politik, agar orang menjadi insan politik yang santun,” katanya.

Danang menyebut bahwa generasi milenial, khususnya pemilih pemula, juga memiliki peran yang signifikan dalam menentukan kemenangan sebuah partai politik. Data Komite Pemilihan Umum (KPU) (Pemilu 2019), dari 186.612.255 orang penduduk Indonesia yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap, 20-30 persen adalah pemilih pemula. Jumlah pemilih pemula mencapai 80 juta atau 40 persen dari populasi pemilih di Pemilu 2024. “Tentu ini jumlah yang sangat besar,” tutur Danang.


Senada dengan Danang, Kepala Badan Kesbangpol Sleman, Hery Sutopo, mengatakan seminar tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan generasi milenial agar mereka dapat berpartisipasi dengan baik dalam berpolitik. Diharapkan generasi milenial juga dapat ikut dalam mengawasi dinamika politik agar terlaksana politik yang ideal.

Seminar tersebut diikuti sebanyak 80 peserta yang merupakan perwakilan dari 19 partai. Seminar menghadirkan empat nara sumber, yakni Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, Kepala Badan Kesbangpol Sleman Hery Sutopo, Ketua KPU Kabupaten Sleman Trapsi Haryadi, dan Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sleman Ani Martanti. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini