warga-dusun-ini-konsisten-gelar-merti-bumiKirab budaya Padukuhan Salakan Desa Trihanggo Kecamatan Gamping Sleman. (istimewa)


bid-jalasutra

Warga Dusun Ini Konsisten Gelar Merti Bumi


SHARE

KORANBERNAS.ID -- Dalam rangka melestarikan budaya dan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, warga Padukuhan Salakan Desa Trihanggo Kecamatan Gamping Sleman mengadakan Merti Bumi.

Acara tersebut dibuka Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun, Minggu (1/12/2019) sore, di halaman Westlake Resto.


Baca Lainnya :

Kepala Desa Trihanggo, Herman Budi Pramono,  mengatakan kirab kali ini diikuti sejumlah bregada dari desa setempat maupun luar desa.

“Merti Bumi Padukuhan Salakan ini diikuti oleh bragada-bregada dari seluruh wilayah Desa Trihanggo maupun dari luar Desa Trihanggo, bahkan diikuti bregada wakil dari DIY,” jelasnya.


Baca Lainnya :

Kirab dimulai dari halaman Westlake Resto sampai wilayah Dusun Salakan.

Menurut Herman, budaya merupakan salah satu media yang efektif untuk memasukkan konten-konten tata nilai.

“Kita memilih melestarikan budaya yang ada pada masyarakat untuk memasukkan pesan moral bahkan program pemerintah sekalipun,” ujarnya.

Sedangkan Sri Muslimatun mengatakan merti bumi dan kirab budaya Padukuhan Salakan bukan kali pertamanya diselenggarakan.

Dia mengapresiasi warga padukuhan ini konsisten melestarikan budaya antara lain melalui acara Merti Bumi.

“Merti bumi dan kirab budaya Padukuhan Salakan ini merupakan ungkapan rasa syukur masyarakat atas rezeki yang didapat dari Allah SWT dan dirasakan oleh masyarakat,” katanya.

Melalui kegiatan tersebut hubungan masyarakat dengan pemerintah makin erat, selaras dengan nilai luhur Memahu Hayuning Bawana. (sol)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini