Sabtu, 27 Nov 2021,


warga-tegalrejo-gotong-royong-membeli-mobil-ambulansWawali Yogyakarta Heroe Poerwadi meresmikan mobil ambulans yang dibeli dari hasil swadaya warga. (istimewa)


Sholihul Hadi
Warga Tegalrejo Gotong Royong Membeli Mobil Ambulans

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA – Ada banyak cara dilakukan warga agar bisa ikut berpartisipasi membantu pemerintah menangani Covid-19, mulai dari aksi penggalangan dana untuk warga terdampak hingga patungan beli mobil ambulans.


Inilah yang dilakukan warga Kalurahan Tegalrejo Kota Yogyakarta, khususnya mereka yang tergabung dalam relawan Garda Wiratama. Secara swadaya warga membeli satu unit mobil ambulans.

  • Keluar Rutan Harus Bisa Baca Alquran

  • “Satu unit ambulans ini adalah hasil dari swadaya warga Kalurahan Tegalrejo,” ungkap Heru Kuswanto, Ketua Tim Relawan Garda Wiratama, Sabtu (16/10/2021).

    Menurut dia, tim tersebut bermula dari pelatihan Kampung Tangguh Bencana (KTB) pada Mei 2021, kemudian berkembang seperti sekarang. Berbagai kegiatan telah dilaksanakan mulai dari edukasi protokol kesehatan hingga pemakaman jenazah Covid-19.


    Relawan Garda Wiratama bergerak membantu masyarakat murni karena panggilan hati nurani. Harapannya keberadaan mobil ambulans tersebut bermanfaat bagi warga Kota Yogyakarta yang membutuhkan bantuan saat kondisi darurat.

    Wakil Walikota (Wawali) Yogyakarta, Heroe Poerwadi, merespon positif inisiasi warga Kalurahan Tegalrejo. Gotong royong ini patut ditiru. “Mereka menggalang dana untuk membeli mobil ambulans tanpa harus menunggu bantuan datang,” kata Heroe.

    Menurut dia, sejak awal pandemi menyerang, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta selalu melibatkan warga dengan cara mengajak masyarakat turut serta dalam penanganan Covid-19.

    Masyarakat beradaptasi dengan kondisi yang ada sekaligus menemukan caranya sendiri untuk bangkit. Wawali mengapresiasi peran relawan di Kota Yogyakarta yang selama ini membantu penanganan bencana. *



    SHARE



    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini